ASN Papua Bakal Terima THR

share on:
Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Benyamin Arisoy - Dok Jubi
Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Benyamin Arisoy – Dok Jubi

Jayapura, Jubi – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Papua, karena di bulan Ramadhan ini mereka bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR) atau biasa disebut dengan Gaji Ke-14. ASN yang masih aktif dan pensiunan akan mengantongi gaji dengan besaran berbeda.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua Benyamin Arisoy, di Jayapura, Minggu (19/6/2016) mengatakan pembayaran THR direncanakan akan dilakukan pekan ini, namun pemerintah provinsi Papua masih menunggu petunjuk pusat.

“Kita masih menunggu petunjuk. Kalau petunjuknya sudah ada kami akan segera lakukan,” katanya.

Ia menjelaskan, nilai THR yang akan diterima ASN tahun ini sebesar satu kali gaji pokok. Namun tunjangan yang diterima itu hanya diberikan bagi pegawai aktif. Sementara yang pensiunan hanya akan mengantongi gaji ke-13.

“Pensiunan ASN tidak akan mengantongi gaji ke-14 atau THR ini, mereka hanya akan menerima gaji ke-13,” ujarnya.

Menanggapi itu, Arisoy berpesan agar para aparatur (pegawai) dapat bersabar sebab prosesnya masih menunggu surat perintah resmi dari pusat.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa berharap pembayaran THR dan gaji 13 bisa membantu pegawai yang akan memasuki bulan Ramadhan, termasuk bagi pegawai yang anak-anaknya akan masuk sekolah.

“Meskipun begitu, diharapkan perhatian dari pemerintah kepada pegawai ini dibarengi dengan peningkatan kinerja dari para ASN. Sebab tugas sebagai abdi negara merupakan sebuah pengabdian kepada masyarakat,” kata Wakerkwa.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro di Jakarta, pekan kemarin memastikan bakal pembayaran THR bagi PNS mulai diproses pekan ini.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi mengumumkan telah menandatangani draft Perpres gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13.

Dalam aturan ini, Aparatur Sipil Negara akan menerima THR dan gaji pokok ke-13 sekaligus, yakni sebelum Lebaran yang jatuh pada 6 Juli 2016.

Dalam Perpres ini PNS akan mengantongi THR dan gaji ke-13 dalam saat yang bersamaan sebelum Lebaran. THR yang akan diterima aparatur satu kali gaji pokok, sementara gaji ke-13 PNS mendapatkan gaji pokok plus tunjangan kebutuhan anak sekolah masuk tahun ajaran baru.

Dimana proses pencairannya, THR dan gapok gaji ke-13 dicairkan sekaligus sebelum Lebaran. Sementara uang tunjangan yang menjadi komponen di gaji ke-13 akan dibayarkan menyusul pada Juli mendatang. Ini berarti pembayaran gaji ke-13 dilaksanakan sebanyak dua kali. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ASN Papua Bakal Terima THR