Kerjasama Pemprov Papua dan Universitas Shunsine Coast Ditingkatkan

share on:
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Papua, Elia Loupatty Bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda - Jubi/Alex
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Papua, Elia Loupatty Bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Papua, Pemerintah Provinsi Papua dan Universitas Shunsine Coast, Australia akan meningkatkan kerjasama.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan kembali menggandeng Universitas Shunsine Coast, Australia untuk melaksanakan pelatihan terhadap guru-guru asal Papua.

“Ini program yang sangat baik, dimana selain meningkatkan kompetensi guru, program berkelanjutan ini juga dapat menopang peningkatan mutu pendidikan di Papua,” kata Elia Loupatty belum lama ini.

Ia menilai, meskipun program ini baru berjalan dua tahun, namun guru guru tamatan dari kerjasama dengan Universitas Shunsine Coast telah berhasil membimbing dan membina siswa asal Papua, salah satunya siswa yang
memenuhi syarat untuk pergi ikuti program NASA ke bulan untuk menanam padi.

“Kerjasama ini sesuai dengan komitmen Pemprov, untuk itu bakal ditingkatkan. Apalagi pak gubernur senang sekali dan berharap melalui kerjasama ini akan hadir guru-guru yang berkualitas,” kata Elia.

Agar harapan itu benar benar terwujud secara merata, Elia berharap kabupaten/kota juga turut berperan aktif, baik dari segi pendanaan maupun pengiriman guru untuk mengikuti pelatihan di Universitas Sunshine Coast.

“Kedepan kami harap seluruh kabupaten/kota juga turut berperan dengan baik dalam program ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Profesor International Development Untuk Heritage Universitas Sunshine Coast Australia, Bill Carter mengapresiasi Pemprov Papua yang telah mengirim guru-guru asal Papua untuk belajar di Australia.

“Kami rasa program ini harus dilanjutkan, dan kami akan menuntaskan program ini terlebih dahulu, yakni dengan melakukan pelatihan di Nabire pada Juli maupun Agustus di Jayapura,” kata Bill.

Ia mengaku, pihaknya telah berupaya keras untuk menggembleng para guru yang dikirim dari Papua, dan sejauh ini telah berjalan dengan baik.

“Kami berkomitmen untuk terus mendidik lebih banyak guru dari Papua, karena kami berkeinginan untuk meningkatkan pendidikan di Papua, sesuai dengan komitmen pemerintah daerah,” ujarnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kerjasama Pemprov Papua dan Universitas Shunsine Coast Ditingkatkan