Legislator: Pembangunan di Bandung Harus Ramah Lingkungan

share on:
ilustrasi rencana Summarecon Bandung – properti.bisnis.com
ilustrasi rencana Summarecon Bandung – properti.bisnis.com

Bandung, Jubi – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi Gerindra, Sunatra menyatakan setiap pembangunan di Kota Bandung harus ramah lingkungan dan memberikan dampak kenyamanan dan manfaat bagi orang banyak.

“Kota Bandung saat ini sangat pesat pembangunannya, di tengah pembangunan tersebut jangan sampai berdampak buruk,” kata Sunatra di Bandung, Minggu (19/6/2016).

Ia menuturkan pembangunan bagi sebuah bangsa merupakan sesuatu yang harus dilakukan, selain untuk kesejahteraan masyarakat juga sebagai kemajuan negara.

Namun, Sunatra berharap pemerintah dalam merealisasikan pembangunannya tidak menimbulkan efek negatif terhadap lingkungan sekitar.

“Biasanya dampak pembangunan tidak bersifat langsung, tetapi jangka panjang,” katanya.

Ia mencontohkan seperti rencana pembangunan Bandung Teknopokis harus mengedepankan konsep ramah lingkungan.

“Kalau Bandung ada teknopokis, dan pembangunannya tidak ramah lingkungan, maka dampaknya bukan sekarang, tapi ke depan,” katanya.

Selain itu, kata Sunatra, di Bandung akan ada pembangunan ‘summarecon’ di Gedebage, jika tidak memperhatikan lingkungan akan menyebabkan banjir.

“Dalam pembangunan ‘summarecon’, ketika tanahnya ditinggikan, yang terjadi adalah banjir ke warga sekitar, termasuk warga Gedebage,” katanya.

Menurut dia banjir di Gedebage sudah terjadi bertahun-tahun, bahkan saat ini sudah merasakan dampak tambahan banjir dari ‘summarecon’.

“Apalagi jika summarecon sudah jadi, kondisinya diperkirakan akan lebih parah,” katanya.

Ia menambahkan pembangunan lainnya di Bandung yaitu proyek Tegal Luar yang luasnya 25 ribu hektare yang dimiliki empat perusahaan properti di Indonesia.

“Kita ke depan akan menghadapi masalah baru, selain sawah akan habis juga dampak lingkungan semakin parah,” katanya.

Kasus lain proyek pembangunan di Kota Bandung yang memberikan dampak buruk terhadap masyarakat, kata Sunatra, yaitu peninggian Jalan Soekarno Hatta yang menimbulkan banjir ke pemukiman warga.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator: Pembangunan di Bandung Harus Ramah Lingkungan