David Asso Dilantik Jadi Ketua Gapensi Yahukimo

share on:

Pengurus Gapensi Yahukimo ketika foto bersama Forkompinda Kabupaten Yahukimo usai pelantikan – Jubi/Piter Lokon
Pengurus Gapensi Yahukimo ketika foto bersama Forkompinda Kabupaten Yahukimo usai pelantikan – Jubi/Piter Lokon
Dekai, Jubi – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Provinsi Papua, Erik Wally melantik David Asso sebagai Ketua Gapensi Yahukimo periode 2016 – 2021.

Erik Wally saat pelantikan di aula pendidikan, Jalan Lokbon, Dekai, Senin (20/6/2016) mengatakan, ini merupakan pelantikan kedua kali setelah tahun 2008 dirinya melantik Ketua Gapensi Yahukimo periode sebelum bupati Abock Busup.

Ia bahkan mengharapkan agar paket-paket pembangunan, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Yahukimo.

“Bukan hanya bangunan yang didirikan, melainkan juga anak-anak asli di sini yang memiliki jasa konstruksi usaha mereka harus terlibat supaya ada rasa keadilan dan pemerataan, sebab ini kampung mereka, dan biarkan mereka membangunnya,” katanya.

Ketua Gapensi Yahukimo yang baru dilantik itu, David Asso mengharapkan agar semua pengusaha di Yahukimo melalui satu pintu. “Walaupun ada yang dari luar, harus melalui Gapensi. Ini merupakan kerja atau kewajiban pertama kepengurusan saya,” kata David.

Pihaknya juga akan mengeluarkan KTA (Kartu Tanda Anggota), dari pengusaha kecil, menengah hingga berskala besar.

“Kami akan kerja sama dengan pengurus yang ada karena ini merupakan wadah untuk Gapensi. Sebagai mitra kami akan mengawal visi-misi bupati dan wakil bupati Yahukmo “dengan hati untuk perubahan”. Kami tegaskan Dinas Pekerjaan Umum (PU) bisa melihat CV atau PT milik anak-anak putra daerah Yahukimo.
Kami juga meminta kepada PT agar sub-subnya pakai anak-anak Yahukimo,” katanya.

“Perusahaan dari luar dan masuk tanpa alamat yang jelas, akan kita proses sesuai aturan. Kecuali yang ada di Yahukimo dan kantornya jelas,” katanya.
Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka mengatakan pihaknya siap membantu Gapensi. Menurutnya Gapensi adalah asosiasi besar di Indonesia. Karena itu, Gapensi Yahukimo harus bersama-sama membangun Yahukimo karena asosiasi tersebut adalah mitra pemerintah.

Gapensi juga diminta mempersiapkan diri dan perusahaan bekerja sama dengan masyarakat lokal yang punya CV dan PT sehingga mereka mempersiapkan KTP, kartu keluarga dan surat nikah.

“Kami tekankan bahwa harus memberdayakan anak pribumi dengan nilai proyek Rp 500-an juta sampai Rp 1 miliar, supaya ada keterwakilan dan rasa memiliki. Tidak hanya memegang organisasi besar Gapensi, tetapi juga kami mau supaya dalam Gapensi ini ada CV dan PT yang dibangun oleh orang pribumi,” katanya.

Menurut Yulianus Gapensi merupakan tulang punggung pemerintah Kabupaten Yahukimo sehingga diharapkan dapat bekerja sama membangun kabupaten tersebut.
Disinggung soal pengusaha dari luar Yahukimo yang keberadaannya tidak jelas ia berharap agar wajib membayar pajak agar bisa menjadi sumber PAD (pendapatan asli daerah) bagi kabupaten tersebut. (Piter Lokon)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  David Asso Dilantik Jadi Ketua Gapensi Yahukimo