Kepala Sekolah di Sorong Nyaris Dihajar Orangtua Siswa

share on:

Siswa/i SD Negeri 13 Banikete, Kabupaten Sorong, Papua Barat saat mendatangi sekolah bersama orangtua mereka untuk menanyakan rapor – Jubi/Niko
Siswa/i SD Negeri 13 Banikete, Kabupaten Sorong, Papua Barat saat mendatangi sekolah bersama orangtua mereka untuk menanyakan rapor – Jubi/Niko
Sorong, Jubi – Kepala Sekolah SDN 13 Bainkete, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat , Amos Kalami nyaris dihakimi orangtua siswa.

Hal itu dipicu kekecewaan orangtua siswa/i terhadap pihak sekolah karena lambat memberikan rapor kepada anak-anak mereka.

Salah seorang orangtua siswa, Didanus mengaku sangat marah terhadap pihak sekolah yang sudah lama membuat anak-anak mereka yang terlantar, bahkan tidak pernah ada guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Mirisnya guru-guru memilih nongol saat ujian kali lalu. Setelah ujian pun para siswa tak diberi tahu waktu penerimaan rapor. Akibatnya para siswa masih menunggu pembagian rapor.

“Kami kecewa guru lama tidak ada, datang pembagian rapor lagi tidak jelas. Mereka maunya apa? Mau bikin susah anak-anak kita ka?” katanya di Binke, Rabu (22/6/2016).

Koordinator Aktivis Lembaga Intelektual Papua Cabang Sorong, Robertus Nauw menyayangkan lambatnya intervensi Pemerintah setempat dalam menangani persoalan pendidikan di daerah tersebut.

Menurut dia pengejaran terhadap kepala sekolah itu dipicu masalah lama yang disepelekan Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong.

“Kasus ini berdampak pada mutu pendidikan anak-anak. Kedua, penggunaan dana biaya operasional pendidikan (BOS) yang tidak transparan di kampung ini perlu dibongkar, mengingat Kepsek SDN 13 Bainkete pernah dilaporkan ke Polres Sorong terkait dana BOS. Masalah ini tidak tahu sampai dimana,” kata Robertus.

Ia bahkan menilai aksi antar warga dan kepala sekolah itu bakal menimbulkan kesan buruk pendidikan di Kabupaten Sorong. Oleh karena itu, ia meminta Pemerintah dan DPRD Kabupaten Sorong segera menyelesaikan masalah tersebut.

Hingga berita ini ditulis Kepala Sekolah SDN 13 Bainkete, Amos Kalami belum bisa dihubungi. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepala Sekolah di Sorong Nyaris Dihajar Orangtua Siswa