157 Honorer di Dinkes Dogiyai Ikuti Tes Tertulis, Ini Alasannya

share on:

Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Kristianus Tebai - Jubi/Agus Tebai
Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Kristianus Tebai – Jubi/Agus Tebai
Dogiyai, Jubi – Dinas Kesehatan (dinkes) Kabupaten Dogiyai, Papua menggelar tes tertulis bagi ratusan calon dan pegawai honorer di SMAN 2 Dogiyai, Moanemani, Dogiyai, Rabu, 22 Juni 2016.

Asisten I Kabupaten Dogiyai, Anthon Iyowau mengatakan semakin banyak pegawai honorer di Dinas Kesehatan yang tidak pernah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, tetapi tetap menerima gaji. Oleh karena itu, pihaknya menggelar seleksi dengan tes tertulis yang diikuti 157 orang.

Dari jumlah tersebut 107 di antaranya masih berstatus pegawai yang bertugas sejak tahun 2008. Sementara 50 lainnya baru memasukkan lamaran dan mengikuti ujian tertulis.

“Saya pernah melihat banyak tenaga honorer yang datang hanya ambil honor lalu tidak pernah laksanakan tanggung jawab yang dibebankan,” kata Anthon.

Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Dogiyai, Kristianus Tebai mengatakan pegawai honorer yang bekerja sebagai petugas kebersihan (cleaning service) dan sopir tidak mengikuti tes tersebut.

Tes tertulis pun dilakukan untuk pengembangan pegawai non PNS di Dinas Kesehatan. Selain itu, seleksi dilakukan dengan merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menurutnya pegawai honorer adalah mereka yang memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan atau diangkat oleh Kadis Kesehatan. Selanjutnya digaji berdasarkan ketentuan yang berlaku guna memenuhi ketenagaan yang tak dipenuhi ASN.

“Sehingga dalam penempatannya akan disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di setiap unit pelayanan dan berdasarkan analisis beban kerja,” katanya.

Ia pun berharap pegawai yang ditugaskan dapat bekerja profesional, bertanggung jawab dan berkomitmen dalam mewujudkan kinerja yang disiplin mandiri, produktif dan inovatif. (Agus Tebai)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  157 Honorer di Dinkes Dogiyai Ikuti Tes Tertulis, Ini Alasannya