Imigrasi Blitar Imbau Warga Tak Manfaatkan Jasa Calo

share on:
Ilustrasi awas Pungli imigrasi - acehtraffic.com
Ilustrasi awas Pungli imigrasi – acehtraffic.com

Blitar, Jubi – Kantor Imgrasi Kelas II Blitar, Jawa Timur, mengimbau warga yang hendak mengajukan pembuatan paspor tidak memanfatkan jasa calo, dan dianjurkan untuk mengurus sendiri.

“Kami imbau agar warga mengurus sendiri. Dengan itu, mereka tahu prosedurnya serta biaya yang diberikan,” kata Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Hendra Setiawan, di Blitar, Rabu (22/6/2016).

Ia mengatakan, sesuai dengan prosedur pengajuan paspor, pemohon datang ke kantor imigrasi untuk keperluan pemeriksaan berkas, foto, sidik jari, serta wawancara. Setelahnya, mereka harus menunggu pemanggian lagi untuk pemeriksaan.

“Setelah selesai wawancara dimasukkan ke berkas dan di hari yang sama nantinya akan diberikan tanda terima untuk membayar di BNI dan setelah itu tiga hari mengambil ke kantor,” paparnya.

Ia mengungkapkan, calo dimungkinkan masih berkeliaran. Mereka menawarkan jasa dengan imbalan uang tertentu dan menjanjikan proses pembuatan paspor. Padahal, proses pembuatan itu bisa dilakukan sendiri oleh pemohon.

Ia juga mengatakan, biaya yang diterapkan untuk pembuatan paspor adalah Rp360.000 per pengajuan. Uang itu langsung dikirimkan ke bank yang sudah ada kerjasama untuk pembayaran. Dimungkinkan, dengan memanfaatkan jasa calo, biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan untuk pelayanan sekarang relatif lebih cepat. Jika sebelumnya dalam mengajukan pembuatan paspor, bisa lebih dari satu pekan, saat ini hanya sekitar tiga hari selesai. Dengan pelayanan itu, juga memangkas praktik calo.

Selama bulan Ramadhan, warga yang mengajukan paspor setiap hari rata-rata hanya 40 orang, padahal di hari biasa bisa mencapai 70 orang.

“Kalau Ramadhan justru yang mengajukan paspor berkurang ketimbang hari biasa,” katanya.

Ia mengaku tidak mengetahui persis penyebab warga yang mengajukan paspor berkurang saat Ramadhan.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Imigrasi Blitar Imbau Warga Tak Manfaatkan Jasa Calo