Jayawijaya Miliki Angka HIV/AIDS Tertinggi di Papua

share on:
Ilustrasi pawai HIV/Aids - Ist
Ilustrasi pawai HIV/Aids – Ist

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua merilis daftar angkat penderita HIV/AIDS di Provinsi Papua pada triwulan pertama per 31 Maret 2016. Data itu menyebutkan penderita HIV/AIDS terbanyak terdapat di kabupaten Jayawijaya.

Data yang ditandatangani Kepala Dinas Provinsi Papua, drg. Aloisius Giay itu menyebutkan penderita HIV di Jayawijaya 1484 dan AIDS 3809. Jumlah penderita, 5293 dan meninggal 400 orang.

Urutan kedua kabupaten Mimika dengan jumlah penderita HIV/AIDS 4524 disusul Kabupaten Nabire, 4162 dan kota Jayapura, 1813 dan disusul kabupaten lain.

“Penderita kebanyakan memang ada di wilayah pedalaman Papua,” ujar Giay dalam wawancara dengan jurnalis beberapa waktu lalu di kantornya, Kotaraja, Kota Jayapura, Papua.

Kata Giay, penularan terbanyak berada di wilayah pedalaman akibat suami-suami yang tidak setia. “Suami-suami yang pergi kota, pulang kampung menjadi penyebabnya,” ujarnya.

Kepala rumah singgah Surya Kasih, Waena, Kota Jayapura mengatakan kebanyakan pasien HIV/AIDS yang dirawatnya berasal dari wilayah pedalaman, terutama Kabupaten Jayawijaya dan wilayah pemekarannya.

Kata ia, penyebabnya adalah terutama pria yang kawin lebih dari satu wanita (bukan poligami). Terutama dari setelah suaminya meninggal atau istrinya.

“Kawin lepas itu salah satu penyebabnya,” ujar Agust. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jayawijaya Miliki Angka HIV/AIDS Tertinggi di Papua