Karawang Bangun Tujuh Hektare Hutan Kota ‘Edupark’

share on:
Ilustrasi Taman Kota BSD, Tangerang - kotabsd.com
Ilustrasi Taman Kota BSD, Tangerang – kotabsd.com

Karawang, Jubi – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun hutan kota di atas lahan seluas tujuh hektare di sekitar Kecamatan Karawang Barat.

Bupati setempat, Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Kamis (23/4/2016), mengatakan hingga kini masih menyiapkan pembangunan kawasan hutan kota tersebut.

Rencananya, lahan seluas sekitar tujuh hektare itu nantinya akan dibagi menjadi dua bagian, 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen lainnya sebagai ruang komersial.

“Ruang komersial di sekitar kawasan hutan kota itu akan digunakan sebagai tempat parkir, pusat jajanan dan makanan, tempat ibadah, danau buatan serta tempat pertunjukan,” paparnya.

Cellica menyatakan pembangunan hutan kota di Karawang itu harus dilakukan, karena keberadaan hutan kota merupakan bagian dari identitas kota sekaligus penahan atau penyaring partikel padat dari udara.

Selain itu, kawasan hutan kota juga bisa membuat “wajah kota” menjadi indah serta dimanfaatkan sebagai tempat bersantai atau istirahat masyarakat.

Sementara itu, Ridwan Saleh, selaku pengembang yang menangani pembangunan kawasan hutan kota menyampaikan, area hutan kota tersebut akan ditanami beberapa varietas tanaman langka dan tanaman lindung seperti pohon kawista.

“Hutan kota yang akan dibangun ini bertema ‘edupark’,” kata dia.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Karawang Bangun Tujuh Hektare Hutan Kota ‘Edupark’