Kawasan FDS Harus Dikelola Secara Berkesinambungan

share on:
Noken mama-mama Papua yang banyak diminati di areal FDS - Jubi/Engel
Noken mama-mama Papua yang banyak diminati di areal FDS – Jubi/Engel

Sentani, Jubi – Ketua Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Jayapura Hengki Yoku mengatakan bahwa kawasan Pantai Wisata Khalkote seharusnya dikelola secara berkesinambungan oleh Pemerintah kabupaten Jayapura.

“Tempat dan lokasinya sudah cukup strategis, tinggal bagaimana pemerintah melalui Dinas terkait mau terus mengaktifkan masyarakat agar saat FDS selesai, tempat ini tidak ditinggalkan begitu saja,” ujar Yoku di Kawasan Khalkote Distrkk Sentani Timur. Kamis (23/6/2016).

Dengan mengelola kawasan wisata itu denganbaik dan berkesinambungan, Yoku berharap ada nilai ekonomi yang bisa diperoleh oleh masyarakat, juga pemerintah.

“Sebenarnya masyarakat siap untuk melakukan apa saja guna meningkatkan perekonomiannya, karena ditangan mereka ada sejumlah potensi lokal yang siap untuk dijual atau dipamerkan. Sekarang bagaimana dengan pemkab, apakah siap atau tidak untuk menjadi media yang baik bagi masyarakatnya, sehingga aktivitas ekonomi dan budaya terus berjalan di kawasan ini,” jelasnya.

Secara terpisah, Agustina Ohee salah satu masyarakat dari Kampung Asei mengaku usai FDS, kawasan Khalkote dibiarkan tanpa ada  penanganan yang serius oleh pemerintah.

“Padahal biasa ada turis yang datang untuk mengunjungi ke Pulau Asei, ini kesempatan bagi masyarakat untuk menjual apa yang menjadi potensi lokal mereka. Seperti ukiran dikulit kayu, makanan asli Sentani dan tentunya tour wisata di Danau Sentani. Semuanya ini akan berdampak kepada pendapatan ekonomi masyarakat,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kawasan FDS Harus Dikelola Secara Berkesinambungan