Legislator: Integrasi Sawit-Sapi Perlu Penanganan Serius

share on:
 Ilustrasi perkebunan sawit dan sapi - isroi.com
Ilustrasi perkebunan sawit dan sapi – isroi.com

Sampit, Jubi – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Hero Harapano Mandau mengatakan program integrasi perkebunan sawit-ternak sapi perlu penanganan serius dari Pemkab setempat.

“Daerah ini memiliki peluang besar mengembangkan ternak sapi di areal perkebunan sawit, asalkan pemerintah daerah serius menanganinya,” katanya di Sampit, Rabu (22/6/2016).

Selain lahan tersedia cukup luas, ketersediaan akan pakan sapi di wilayah perkebunan sawit juga sangat melimpah, sehingga mempermudah pengembangan.

“Untuk pelaksanaannya saya sangat mendukung program integrasi sawit-sapi nantinya di bebankan pada APBD,” ucapnya.

Integrasi perkebunan sawit dengan sapi perlu dilakukan karena hanya melalui program itulah rencana swasembada daging bisa tercapai.

Selain untuk mencapai target rencana swasembada daging, integrasi perkebunan sawit dengan sapi juga untuk menekan harga daging sapi di pasaran yang selama ini tidak menentu dan sulit dikendalikan.

Tingginya harga daging sapi di Kotawaringin Timur berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat.

“Sampai saat ini kita masih tergantung daerah lain untuk memenuhi kebutuhan daging sapi, untuk itulah harganya bisa mahal. Namun jika integrasi kebun sawit dengan sapi bisa terlaksana maka harga daging sapi di bisa ditekan,” katanya.

Menurut Hero, banyak cara untuk melaksanakan integrasi sawit dengan sapi, salah satunya yakni mensinergikan program pemerintah dengan peraturan daerah tentang corporate social responsibility (CSR).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kotim, I Made Dikantara mengatakan, program integrasi sapi di perkebunan kelapa sawit sudah berjalan.

“Program tersebut sudah berjalan. Dan pada 2015 lalu sedikitnya ada 10 paket bantuan untuk kelompok rakyat,” terangnya.

Bantuan 10 paket pada 2015 lalu tersebut terdiri dari 25 ekor sapi per paket dengan jumlah keseluruhan 250 ekor sapi.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator: Integrasi Sawit-Sapi Perlu Penanganan Serius