Masyarakat Barsel Agar Waspada Penyakit Musim Pancaroba

share on:
 Ilustrasi - kuakap.com
Ilustrasi – kuakap.com

Buntok, Jubi – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengingatkan masyarakat setempat agar mewaspadai penyakit yang muncul pada musim pancaroba.

“Biasanya penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), demam berdarah Dengue (DBD) dan diare akan mengalami peningkatan pada musim pancaroba,” kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel, drg Daryomo Sukiastono di Buntok, Rabu (22/6/2016).

Oleh karena itu upaya yang dilakukan masyarakat agar tidak terserang penyakit tersebut adalah dengan terus menjaga pola hidup bersih dan sehat serta terus meningkatkan daya tahan tubuh.

Bersihkan lingkungan dan laksanakan 3M Plus, ujar Daryomo Sukiastono.

Dijelaskan 3M Plus tersebut yakni dengan menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas, menutup rapat tempat penampungan air serta memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak.

“Gunakanlah anti nyamuk dan pakai kelambu saat tidur,” tambah kepala Dinas Kesehatan Barsel itu.

Sedangkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang, melakukan aktifitas olahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup.

“Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh, maka kita akan terhindar dari penyakit yang kerap kali muncul pada saat musim pancaroba,” kata dia. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Barsel Agar Waspada Penyakit Musim Pancaroba