PPDB Belum Mulai, Isu Pungutan Sudah Menyeruak

share on:
Pendaftaran yang ada di PPDB Online di SMP 5 Jayapura-Jubi/Sindung
Pendaftaran yang ada di PPDB Online di SMP 5 Jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMP, SMA dan SMK di Kota Jayapura baru akan dimulai pada pekan depan, Senin (27/6/2016) hingga Sabtu (2/7/2016), akan tetapi isu adanya pungutan sudah mulai terungkap.

Anggota DPRD Kota Jayapura Mariana Kabey, mengaku mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di satu sekolah akan menerapkan pungutan Rp 70-100 ribu untuk peserta didik baru.

“Saya langsung konfirmasi kepada Kadis Pendidikan mengatakan tidak ada pungutan dalam PPDB tersebut,” ujarnya disela pertemuan DPRD dengan Bawaslu Provinsi Papua, Rabu (22/6/2016).

Mariana Kabey berjanji akan menelusuri kebenaran dari laporan warga dan akan mencari bukti pungutan PPDB.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Kota Jayapura, Abdul Majid menjelaskan, total ada 36 satuan pendidikan atau sekolah yang menjadi peserta PPDB Online tahun ini, dengan total daya tampung sebanyak 113 kelas atau 4000-an siswa.

Sama dengan PPDB Online jenjang SMA dan SMK, pada jenjang SMP ini para calon peserta didik baru bisa memilih tiga satuan pendidikan/sekolah.

“Nantinya ada pemeringkatan pada jurnal akan tetap diperhitungkan berdasar peringkat pilihan pertama hingga ketiga, nilai Ujian Sekolah (US) SD atau MI, bonus prestasi, serta kuota dalam kota atau luar kota, daya tampung sekolah yang bersangkutan,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PPDB Belum Mulai, Isu Pungutan Sudah Menyeruak