Tujuh Orang Diculik Kelompok Bersenjata Nigeria

share on:
Peta areal Cross River Delta Niger - mdpi.com
Peta areal Cross River Delta Niger – mdpi.com

Kalabar, Jubi – Kelompok bersenjata di Nigeria selatan membunuh seorang supir dan menculik tujuh orang pekerja, tiga di antaranya warga negara Australia dan seorang penduduk asal Australia, kata Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada Kamis (23/6/2016).

Menurut keterangan kepolisian, pekerja itu, yang dua di antaranya disebut berhasil melarikan diri, adalah kontraktor perusahaan semen Lafarge Africa. Mereka diserang di pinggiran kota Kalabar sekitar pukul 11.30 WIB.

Kalabar adalah kota pantai di 570 kilometer ke arah timur Lagos dan ibu kota wilayah Cross River di Delta Niger, areal dimana kelompok garis keras cukup kuat.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menyebut insiden itu sebagai sebuah “penculikan sangat serius”. Ia meminta semuanya untuk tetap tenang saat melaporkan insiden itu.

“Terdapat beberapa fakta yang kami ketahui tentang mereka: tiga orang warga Australia dan seorang penduduk asal Australia berada di antara tujuh orang yang diculik dalam serangan terhadap kontraktor operasi Australia di Nigeria. Satu orang tewas dalam serangan itu,” kata Turnbull kepada wartawan.

Dua orang asing itu berhasil melarikan diri, kata Irene Ugbo, juru bicara kepolisian Cross River, menambahkan bahwa dia tidak mengetahui kewarganegaraan para pekerja yang diduga masih ditahan.

Pelaku belum menghubungi kepolisian, katanya.

Penculikan warga negara asing sering terjadi di wilayah Delta, yang memiliki cadangan minyak mentah dan menjadi sumber pendapatan nasional Nigeria sebesar 70 persen.

Lafarge Africa mengatakan mereka mendapat informasi terkait insiden ini dari kontraktor tambang Australia, Macmahon holdings Ltd.

“Macmahon saat ini bekerja sama dengan lembaga keamanan untuk menyelesaikan ini,” kata Viola Graham Douglas, juru bicara Lafarge Africa.

Macmahon holdings Ltd, tidak dapat dihubungi untuk dimintai tanggapan. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tujuh Orang Diculik Kelompok Bersenjata Nigeria