Anggaran Pilkada di Papua Beres

share on:
Ilustrasi Pencoblosan Pilkada Serentak di Papua - Jubi/Islami
Ilustrasi Pencoblosan Pilkada Serentak di Papua – Jubi/Islami

Jayapura, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Adam Arisoy menyatakan tak ada lagi hambatan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 11 kabupaten di Papua, 2017 mendatang.

Menurutnya, Kamis (23/6/2016), KPUD kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2017 mendatang serentak melakukan tahapan pembentukan pelaksana tingga bawah. Dari PPD hingga PPS.

“Semua kabupaten sudah beres. Tak ada lagi masalah mengenai dana hibah dari pemerintah kabupaten/kota kepada KPUD setempat. Semua PPD dan PPS sudah dibentuk serentak,” kata Adam Arisoy, Kamis (23/6/2016) malam.

Menurutnya, dana hibah untuk KPUD Dogiyai yang beberapa waktu lalu sempat tersendat dan mengakibatkan KPUD setempat mengancam akan menunda pelaksanaan Pilkada kabupaten itu juga sudah tuntas.

“Ya termasuk Dogiyai. Dana hibah dari pemerintah kabupaten sudah tak ada masalah lagi. Sudah ada dana yang diberikan pemkab senilai kurang lebih Rp. 40 miliar,” ucapnya.

Katanya, total dana hibah yang dicairkan pemerintah kabupaten/kota untuk KPUD setiap daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak mendatang senilai Rp. 225 miliar ari total anggaran pelaksanaan Pilkada serentak 2017 di Papua yakni Rp. 600 miliar.

“Saya tak bisa menyebut satu persatu. Tapi secara keseluruhan, dana yang sudah masuk ke rekening setiap KPUD kurang lebih Rp. 225 miliar. Sudah 80 persen yang cair. Inikan ada tahapan pencairan,” katanya.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto mengatakan, anggaran sisa akan dicairkan sesaui kesepakatan yang ada dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Misalnya jika ada kabupaten yang nantinya melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan lainnya.

“Jadi percairannya bertahap sesuai yang ada dalam NPHD. Kami harap dana Pilkada itu baru dipertanggungjawabkan setelah penggunanaan anggaran selesai atau semua tahapan sudah rampung,” imbuh Tarwinto. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggaran Pilkada di Papua Beres