Satu Tewas, Bangunan Dibakar, Bentrokan di Universitas PNG

share on:
Sisa-sisa bangunan yang dibakar saat bentrokan di Universitas Teknologi di Lae, Papua Nugini - Disediakan/Albert Schram
Sisa-sisa bangunan yang dibakar saat bentrokan di Universitas Teknologi di Lae, Papua Nugini – Disediakan/Albert Schram

Jayapura, Jubi – Satu orang tewas pasca bentrokan di sebuah kampus Universitas Teknologi (UNITECH) di utara kota Lae, Papua Nugini, pada Sabtu malam.

Dalam sebuah pernyataan, pihak Unitech mengatakan sekelompok pria bersenjatakan parang menyerang seorang mahasiswa yang sedang berada di sebuah blok asrama mahasiswa kampus. Asrama itu, tampaknya menjadi target serangan. Mahasiswa tersebut kemudian dilaporkan meninggal dunia akibat terluka.

Wakil Rektor UNITECH, Albert Schram, mengatakan kelompok penyerang itu juga membakar beberapa bangunan di kampus, termasuk kantor Dewan Presiden Perwakilan Mahasiswa.

Dr Schram mengatakan pasukan keamanan dan polisi kalah jumlah untuk beberapa waktu sebelum bala bantuan tiba, dan situasi itu baru dapat dikendalikan pada hari Minggu (26/6/2016) pagi setelah polisi menembakkan gas air mata ke kerumunan.

Massa membakar sejumlah bangunan di Universitas Teknologi di Lae, Papua Nugini, meninggalkan kerusakan besar - Disediakan/Albert Schram
Massa membakar sejumlah bangunan di Universitas Teknologi di Lae, Papua Nugini, meninggalkan kerusakan besar – Disediakan/Albert Schram

Dr Schram mengatakan pihak universitas telah mengevakuasi seluruh mahasiswa dari asrama mahasiswa di kampus itu.

Laporan Radio New Zealand pada Minggu mengatakan belum ada kejelasan penyebab bentrokan itu.

Namun, mahasiswa Unitech juga ikut dalam melakukan aksi boikot kelas, bersama para mahasiswa dari universitas lain di PNG, yang sudah berlangsung berminggu-minggu. Aksi boikot itu sebagai bagian dari protes yang sedang dilakukan para mahasiswa secara nasional untuk mendesak pengunduran diri Perdana Menteri, Peter O’Neill, dan menjalani proses hukum atas tuduhan kasus dugaan korupsi dan penipuan.

Awal bulan ini, polisi PNG menembaki mahasiswa dari Universitas Papua Nugini di ibukota, Port Moresby, saat para mahasiswa berbaris hendak melakukan reli ke kantor Parlemen untuk memberi dukungan mosi tidak percaya terhadap Peter O’Neill. (*)

Sisa-sisa bangunan di Universitas Teknologi di Lae, PNG, setelah dibakar dalam bentrokan kekerasan - Disediakan/Albert Schram
Sisa-sisa bangunan di Universitas Teknologi di Lae, PNG, setelah dibakar dalam bentrokan kekerasan – Disediakan/Albert Schram

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Satu Tewas, Bangunan Dibakar, Bentrokan di Universitas PNG