Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan Merauke Rekrut Tenaga Pionir

share on:
Sekdis Pertanian dan Tanaman Pangan Merauke, Marsum Maulid. Jubi/Frans L Kobun
Sekdis Pertanian dan Tanaman Pangan Merauke, Marsum Maulid. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Dalam beberapa tahun terakhir, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke melakukan perekrutan terhadap tenaga pionir untuk ditempatkan di kampung-kampung. Sebelum diterjunkan, mereka dibekali khusus ilmu untuk melakukan pendampingan secara baik kepada masyarakat tentang cara mengolah lahan pertanian, menanam beberapa jenis tanaman mulai dari padi, jagung maupun umbi-umbian.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Merauke, Marsum Maulid kepada Jubi di ruang kerjanya Jumat (24/6/2016).

“Saya akui jika jumlah petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) masih sangat kurang dan tidak semua bisa ditempatkan di kampung-kampung untuk bisa mendampingi sekaligus mendorong masyarakat menanam,” ujarnya.

Olehnya, demikian Marsum, dengan penempatan tenaga pionir  dapat membantu mengisi kekosongan petugas PPL.

“Memang belum semua kampung di tempati tenaga pionir. Tetapi secara umum 20 distrik sudah ada. Dengan kehadiran mereka, sangat membantu untuk bisa mendampingi serta melatih petani menanam  yang baik,” tuturnya.

Diakui jika tenaga pionir yang ditempatkan itu, hanya dikontrak beberapa tahun ke depan. Jadi, tidak untuk selamanya, karena disesuaikan dengan anggaran pemerintah.

“Itu hanya kebijakan yang dilakukan, setelah melihat keterbatasan tenaga PPL,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko beberapa waktu lalu mengakui jika keberadaan tenaga pionor di kampung sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena mereka dapat melakukan pendampingan baik kepada warga setempat untuk membuka lahan hingga pengolahan guna ditanami padi maupun beberapa jenis tanaman lain.

Bambang berharap keberadaan tenaga pionir agar tetap dipertahankan, mengingat jumlah tenaga PPL sekarang masih sangat terbatas.

“Ya, jumlah PPL hanya tersebar di beberapa tempat saja. Sehingga dengan keberadaan tenaga pionir, justru sangat membantu,” pinta Bambang. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan Merauke Rekrut Tenaga Pionir