Jaringan Telkomsel Putus Lagi, General Manajer Minta Maaf

share on:

Jayapura, Jubi – General Manager ICT PT Telkomsel Region Papua Maluku, Permata J Simarmata, meminta maaf atas ketidaknyamanan layanan kepada pelanggan sejak Sabtu (25/6), dan berjanji untuk mengembalikan pelayanan seperti sediakala.

Dalam pernyataan resminya, dia mengatakan bahwa kabel bawah laut Sulawesi Maluku Papua Cabel System (SMPCS) atau Kabel Optik, yang berlokasi di Laut Demta, 89 Km dari landing point Jayapura – Serui, dalam keadaan putus pada Sabtu (25/6/2016) mulai pukul 16.10 WIT.

“Sambil menunggu tindakan dari PT Telkom, kami alihkan melalui satelit dan menambah kapasitas bandwith ke pusat dan terus berusaha menambah kemampuannya,” ujarnya.

Ditanya mengenai estimasi waktu penyelesaian permasalahan tersebut, Simarmata mengaku paling cepat akan memakan waktu kurang lebih 38 hari hingga kembali normal.

Sementara itu, Maulani Pilemon, Manager Network PT Telkom Witel Papua, mengatakan putusnya SMPCS diduga berada di dua lokasi sekaligus. “Hitungan kami dari Jayapura itu 89 KM, tapi dilokasi lain 19 KM dari Sorong dilaporkan juga putus.”

Dia belum mengetahui secara jelas penyebab putusnya kabel optik tersebut, karena butuh dilakukan penyelaman terhadap lokasi yang dimaksud.

Untuk mengatasinya, menurut Pilemon, pihaknya akan menukar pelayanan dari fiber optik ke satelit.

Putusnya fiber ini diakuinya akan berdampak pada pelayanan Indihome dan Speedy, serta beberapa layanan perbankan.

“Kami akan terus menambah kapasitas bandwith dari 140 mbps menjadi 200 mbps,”  katanya.

Royo, warga Entrop mengaku jualan pulsanya menjadi sepi dan mengalami kerugian. “Saya berungkali tolak pelanggan, karena memang kami sangat tergantung dengan sinyal,” ujarnya.

Kolisatu, warga Entrop lainnya juga mengeluhkan ketiadaan sinyal Telkomsel, dirinya menjadi sulit menghubungi keluarganya di Jawa.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jaringan Telkomsel Putus Lagi, General Manajer Minta Maaf