Pembangunan Ruang Pasien Hemodialisa Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

share on:
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura, Josef Rinta - Jubi/Alex
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura, Josef Rinta – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura menargetkan pembangunan ruangan untuk pasien jantung dan hemodialisa (cuci darah) rampung akhir tahun 2016.

Direktur RSUD Jayapura Josef Rinta, di Jayapura, Minggu (26/6/2016) mengatakan pembangunan ruangan untuk pasien jantung dan cuci darah dilakukan agar tidak terjadi antrean dan menjawab kebutuhan pasien.

“Ruang Hemodialisa yang sedang diproses mempunyai kapasitas enam mesin, namun setelah selesai direnovasi akan mempunyai kapasitas 12 mesin. Jadi tidak perlu menunggu lama,” katanya.

Sementara untuk meningkatkan sumber daya manusia di RSUD Jayapura, ujar Josef, pihaknya dalam waktu dekat akan mengirim tim untuk mengikuti pelatihan endeskopi di luar Papua.

“Ini merupakan proses yang kami lakukan dengan bantuan penuh gubernur, dengan bantuan rumah sakit ini dapat berkembang menjadi rumah sakit rujukan nasional dan representatif,” ujarnya.

Dia menambahkan peningkatan sumber daya dilakukan agar kedepan tidak perlu lagi mengirim pasien ke luar Papua.

“Dengan adanya dukungan dari RSUD Dr. Sarjito dan Fakultas kedokteran UGM, masalah SDM kami bisa atasi secara perlahan,” kata Josef.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen menekankan, untuk wujudkan RSUD Jayapura sebagai rumah sakit rujukan nasional, mulai tahun depan, Pemerintah Pusat akan anggarkan dana sebesar Rp350 miliar untuk membangun poliklinik terpadu enam lantai.

“Rencana pembangunan poliklinik terpadu ini sudah disetujui oleh Menkopolhukam, dana akan langsung diberikan kepada rumah sakit,” katanya.

Selain itu, ujar Hery, Pemerintah Papua dalam anggaran perubahan juga nantinya berencana untuk menambah dana bagi pembangunan RSUD Jayapura.

“Namun ada kekurangan yang kami lihat pada perubahan anggaran, ada yang kami prioritaskan dan juga nanti di APBD Induk tahun 2017,” ujarnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembangunan Ruang Pasien Hemodialisa Ditargetkan Selesai Akhir Tahun