Kota Jayapura Targetkan Seluruh Sekolah Terakreditasi

share on:
Suasana ujian nasional  berbasiskan komputer di SMA Negeri 4 Kota Jayapura, Senin (04/04/2016) - Jubi/Abeth You
Suasana ujian nasional berbasiskan komputer di SMA Negeri 4 Kota Jayapura, Senin (04/04/2016) – Jubi/Abeth You

Jayapura, Jubi – Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama, Abdul Majid mengakui dari 36 sekolah negeri atau swasta yang ada, hanya 60 persennya sudah terakreditasi dengan nilai yang bagus.

“Kita berharap semuanya bisa terakreditasi di tahun ini, meski diakui masih ada beberapa sekolah yang belum terdaftar dalam akreditasi,” tegasnya kepada Jubi, Minggu (26/6/2016)

Iapun mengakui ada 8 standar seperti standar pembelajaran, standar super isi, standar sarana prasarana, standar evaluasi, administrasi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan yang harus bisa dipenuhi setiap sekolah.

Bagi Dinas, pihaknya akan menargetkan semua di tahun ini bisa terakreditasi sebab semua kabupaten/kota banyak yang belum.

“Alhamdulillah, SD semua terakreditasi dan SMP sudah semua meskipun diakui nilainya masih akan terus ditingkatkan. Kami terus berusaha mendorong adanya perbaikan terus menerus bagi sekolah-sekolah yang ada khususnya di tingkat SMP baik negeri maupun swasta,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA dan SMK Disdik Kota Jayapura, Nurhadi mengakui ada beberapa sekolah tingkat SMA/SMK yang terakreditasi C dan ada yang belum sama sekali.

“Padahal akreditasi ini adalah penilaian wajib dari mutu layanan pendidikan sekolah tersebut,” ujarnya.

Iapun menilai pentingnya sekolah terakreditasi agar tak hanya pelaksanaan Ujian Nasional dapat dilaksanakan di sekolah sendiri akan tetapi ijazah dan SKHUN bisa ditanda tangani oleh kepala sekolah yang bersangkutan.

Tak hanya itu, kata Nurhadi bantuan sekolah dari pemerintah bagi sekolah yang belum terakreditasi akan dianaktirikan.

“Dinas berikan asistensi kepada pada sekolah-sekolah yang terakreditasi C dan yang belum untuk dapat mengikuti 8 standar nasional tersebut,” lanjutnya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kota Jayapura Targetkan Seluruh Sekolah Terakreditasi