Jelang Lebaran, Badan SAR Fokus di Penyeberangan Kumbe

share on:
Penyeberangan di Sungai Kumbe - Jubi/Ans K
Penyeberangan di Sungai Kumbe – Jubi/Ans K

Merauke, Jubi – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Badan SAR Merauke telah menyiapkan  empat regu masing-masing berjumlah 10 orang untuk melakukan pengamanan di sejumlah tempat termasuk di penyeberangan Kali Kumbe. Karena tempat tersebut, sering dilalui pemudik menuju ke Distrik Kurik serta beberapa tempat lain.

“Memang kami lebih memfokuskan perhatian kepada tempat di penyeberangan Kali Kumbe. Karena dari tahun ke tahun menjelang lebaran, terjadi peningkatan orang yang menggunakan jasa belang untuk menyeberang,” kata Kasubsi Operasi Badan SAR Merauke, Suparman di ruang kerjanya Selasa (28/6/2016).

Sejak H-7, personil sudah diterjunkan ke beberapa titik yang telah ditentukan. Dalam beberapa hari kedepan, lanjut dia, pihaknya akan melakukan koordinasi dan komunikasi bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke guna mengetahui berapa banyak belang (perahu) beroperasi di penyeberangan Kumbe. Sehingga dapat dihitung dan disesuaikan jumlah  warga yang akan menyeberang nanti.

Meskipun tak memberikan bantuan berupa peralatan penyeberangan, namun pengawasan tetap dilakukan. Petugas yang diterjunkan, akan membantu penumpang bersama barang bawaan untuk diseberangkan. Sehingga tak menimbulkan adanya kendala teknis.

Secara terpisah Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke, Ajriati menambahkan, pengamanan di sejumlah tempat akan dilakukan, termasuk Penyeberangan Kumbe. “Kita sudah ada pos  yang dibangun dan ditempati petugas disana. Nantinya, jumlah personil akan ditambah lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tuturnya.

Ditambahkan, saat ini, terdapat belasan belang beropearsi tiap hari di penyeberangan Kumbe. Nantinya, akan diatur dengan baik saat warga dari kota akan melakukan mudik ke kampungnya di beberapa distrik seperti Kurik, Malind, Anim Ha serta beberapa daerah lain. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Lebaran, Badan SAR Fokus di Penyeberangan Kumbe