Tim Anggaran Kabupaten Kota Dituntut Solid

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengimbau tim anggaran kabupaten dan kota di Papua untuk solid dalam menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017.

Menurut ia, dalam penyusunan APBD semua aparatur baik tim anggaran, Bappeda, Badan Pengelola keuangan daerah, Dinas Pendapatan Daerah, Asisten dan Biro Hukum harus ada dalam satu kesatuan yang utuh.

“Tinggalkan ego sektoral masing-masing, jangan terkesan dalam penyusunan APBD harus tersentral pada satu titik,” kata Hery Dosinaen, di Jayapura, Selasa (28/6/2016).

Dalam menyusun APBD, tegas Hery, aparatur tidak boleh hanya berpihak pada pejabat politik, namun harus menjadi satu kesatuan dan duduk bersama.

“Penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan harus menjadi satu kesatuan dalam penyusunan APBD. Jangan kita berpihak terhadap pejabat politik saja,” ujarnya.

Hery Dosinaen menyebut, hasil pemeriksaan BPK RI terhadap pengelolaan keuangan provinsi Papua dan kabupaten/kota menunjukkan grafik politik yang positif. “Dari hasil audit ini BPK, masih banyak kabupaten yang meraih predikat disclaimer dan WDP dengan catatan tertentu,” ujarnya lagi.

Namun indikator menunjukkan pengelolaan di Papua sudah berjalan dengan baik seperti ketepatan waktu dalam penyusunan APBD, penyusunan LKPD tepat waktu serta bagaimana korelasi antara kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS)

“Untuk itu, pemerintah provinsi Papua berkomitmen dalam penanganan dan penanggulangan korupsi di Papua dengan melakukan MoU kerjasama dengan KPK untuk melakukan pendampingan terhadap pengelolaan keuangan di Papua,” kata Hery. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tim Anggaran Kabupaten Kota Dituntut Solid