11 Milyar Lebih Uang Berputar di FDS IX 2016

share on:
Noken mama-mama Papua yang banyak diminati di areal FDS – JUBI/Engel Wally
Noken mama-mama Papua yang banyak diminati di areal FDS – JUBI/Engel Wally

Sentani, Jubi – Data Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balinbangda) Kabupaten Jayapura menyatakan sebesar 11 Milyar lebih perputaran uang pada pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) ke IX Tahun 2016, yang baru saja dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.

Perputaran uang sebesar itu berdasarkan jumlah pengunjung, penjualan hasil-hasil kerajinan tangan, makanan khas kuliner dan juga jasa retribusi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Kris Kores Tokoro, mengatakan FDS tahun ini dari sisi pendapatan dan peningkatan ekonomi secara umum mengalami peningkatan, walaupun jumlah pengunjung tidak sebanding dengan tahun lalu.

“Jumlah pengunjung tahun ini sedikit mengalami penurunan, karena pada hari ke empat, sehari penuh cuaca tidak mendukung, hujan sejak pagi hari sampai dengan sore,” ujarnya.

Dari data yang diperoleh selama pelaksanaan, jumlah pengunjung mencapai 556,456 orang, sementara wisatawan mancanegara sebanyak 112 orang dari berbagai negara, dan wisatawan nasional sebanyak 164 orang,” ungkap Kris, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/6/2016).

Selama tiga tahun menjadi Ketua Panitia FDS, menurutnya, perputaran uang terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Hal ini tentunya menyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah ini,” jelasnya.

Tahun 2014 jumlah PAD yang dihasilkan sebesar 94 Juta rupiah, tahun 2015 naik menjadi 105 Juta rupiah, dan tahun 2016 ini meningkat menjadi 149 Juta rupiah.

Sementara itu Agus Ohee, salah satu seniman Papua, menilai pelaksanaan FDS ke IX kurang memuaskan karena seharusnya FDS lebih berorientasi kepada penguatan kapasitas budaya lokal.

“Budaya lokal sepertinya kurang ditonjolkan dalam momen FDS tahun ini, semuanya berubah drastis kearah modern. Sebagai seniman saya sangat berharap agar kegiatan budaya ini dikelola baik dan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat lokal,” tukasnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  11 Milyar Lebih Uang Berputar di FDS IX 2016