Di Merauke, 10-15 Ibu Hamil Ditemukan Kurang Gizi

share on:
Ilsutrasi Ibu Hamil (http.www.pasti.co.id)
Ilsutrasi Ibu Hamil (http.www.pasti.co.id)

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Stevanus Osok mengatakan, berdasarkan  laporan dan temuan dari tenaga medis, terdapat 10-15 ibu hamil mengalami kekurangan gizi. Jika ibu hamil kurang gizi, maka sudah pasti akan berdampak terhadap anak yang akan dilahirkan.

Hal itu disampaikan Osok kepada Jubi Kamis (30/6/2016). “Ya, otomatis anak yang lahir, berat badannya tak sesuai. Karena ibunya saja sudah mengalami kekurangan gizi. Itu semata-mata lantaran kurang memperhatikan makan dengan baik. Artinya, hanya mengandalkan nasi dan ikan atau sagu. Padahal, perlu ditambah sayur-sayuran maupun buah-buahan,” katanya.

Masalah kekurangan gizi, demikian Osok, semata-mata karena terkait persoalan ekonomi dalam keluarga. “Saya harus katakan bahwa sesuai tuntutan kesehatan, tidak hanya dengan mengkonsumsi sagu serta ikan. Tetapi beberapa makanan lain seperti sayur maupun buah, harus ikut dimakan  seorang ibu hamil,” pintanya.

“Kita menemukan beberapa ibu hamil maupun anak-anak kekurangan gizi di kampung maupun di lokasi eks transmigrasi. Intinya adalah  perlu memperhatikan makan dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Diharapkan adanya kesadaran di setiap kampung membuka kebun kampung yang ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai salah satu solusi paling tepat. Sehingga masyarakat tidak hanya semata-mata mengkonsumsi nasi dan ikan serta sagu. Tetapi ada makanan tambahan lain.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, Nevile Mustika mengakui jika sering ada anak-anak  dirawat di rumah sakit lantaran mengalami kekurangan gizi. “Kita merawat dan memberikan pertolongan hingga kondisi badan anak normal kembali dan bisa pulang ke rumah,” katanya.

Ditambahkan, secara umum, kekurangan gizi itu semata-mata karena kurang adanya perhatian akan kebutuhan makan terhadap seorang anak. Sehingga pertumbuhan badannya terlambat. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Merauke, 10-15 Ibu Hamil Ditemukan Kurang Gizi