AMPTPI Komit Perjuangkan Keadilan dan Perdamaian di Papua

share on:
Dominikus Sorabut – Jubi/Hengky Yeimo
Dominikus Sorabut – Jubi/Hengky Yeimo

Jayapura, Jubi – Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI) berkomitmen untuk mendorong agenda perdamaian dan keadilan di tanah Papua.

Hal itu dikatakan mantan Sekretaris Jenderal AMPTPI Dominikus Sorabut ketika ditemui Jubi di Kota Jayapura, Kamis (30/6/2016).

Menurut dia perjuangan damai mengedepankan kerja intelektual dan memperjuangkan ideologi, rasional dan tidak spekulatif.

“Untuk membuktikan bahwa perjuangan damai, AMPTPI selalu menulis di koran lokal nasional dan menulis buku-buku. Kita sudah memulai itu. Menulis juga tidak sembarang harus disertai data sehingga ini akan menjadi perekat,” katanya.

Soal konflik yang berkembang belakangan, ia menilai ada konspirasi politik dan kecemburuan sosial.

“Kita harus tempatkan sesuai dengan kemampuan kita sehingga apa saja kebutuhan masyarakat bisa dijawab pemerintah. AMPTPI harus menjadi perekat damai,” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan AMPTPI wilayah Indonesia Timur Natan Naftali Tebay mengatakan organisasi intelektual ini sudah moderat dan merangkul banyak pihak.

Dalam rakernas III di Kota Jayapura pihaknya membuat kaus berdesain Arnold C. Ap. Secara geografi budayawan Arnold Ap berasal ari Biak. Namun semangat dan perjuangannya menginspirasi semua orang asli Papua, termasuk AMPTPI.

“Secara khusus beliau berasal dari Biak dan sementara ini dalam kehidupan orang Biak mengenal Arnold Ap dari Biak, tetapi bagaimana mengampanyekan Arnold Ap ini membesarkan dia, mendoakan dia. Kita semua orang Papua pu tugas itu yang kami kerja,” ujar Natan. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  AMPTPI Komit Perjuangkan Keadilan dan Perdamaian di Papua