Pelayanan Kesehatan di Tiga Puskesmas Sukses Berkat MSF

share on:
Suasana pertemuan para Multi Stakeholder Forum (MSF) yang berlangsung di Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua, Kamis (30/6/2016) – Jubi/Roy Ratumakin.
Suasana pertemuan para Multi Stakeholder Forum (MSF) yang berlangsung di Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua, Kamis (30/6/2016) – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Pelayanan kesehatan Multi Stakeholder Forum (MSF) atau forum kesehatan Kota Jayapura di Puskesmas Tanjung Ria, Abepantai dan Koya Barat dinilai sukses.

Ketua MSF Reinhard Satya di Kota Jayapura, Kamis (30/6/2016) mengatakan terjadi perubahan pelayanan kesehatan setelah dilakukan advokasi pihaknya.

“Pengaduan masyarakat ini kami himpun dan teruskan ke pihak puskesmas, kepala distrik, kepala dinas kesehatan Kota Jayapura dan wali kota Jayapura. Setelah laporan ini diteruskan, kami monitoring dan terus mengadvokasi agar pengaduan masyarakat direalisasikan,” katanya.

Disebutnya di Puskesmas Tanjung Ria, sebelumnya petugas datang terlambat dan tak melayani masyarakat dengan baik. Namun keadaan itu berubah setelah adanya aduan dan ditindaklanjuti.

Begitu pula di Puskesmas Abe Pantai yang membawahi Pustu Kampung Injros.

“Sebelum pendampingan MSF Pustu di kampung tersebut nyaris roboh, tapi dengan kehadiran MSF, laporan masyarakat diteruskan ke wali kota dan sekarang rumah Pustu sudah berdiri megah,” kata anggota MSF Puskesmas Abepantai, Mien Fingkreuw.

Anggota MSF Kota Jayapura, Agustina Apaseray berharap pelayanan pihaknya dilanjutkan di sepuluh puskesmas di Kota Jayapura.

Direktur Yayasan Harapan Ibu Papua (YHI-P) Veneranda Kirihio mengatakan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 741/Per/VII/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal sudah sejalan dengan Permempan No. 13 tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat, pihaknya bersama Kinerja USAID membentuk MSF, yang telah membahas dan merekomendasikan segala sesuatu yang harus dilakukan pihak layanan kepada masyarakat baik di kota dan kabupaten Jayapura. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pelayanan Kesehatan di Tiga Puskesmas Sukses Berkat MSF