Politis Tonga Desak Dukungan Publik Bagi Perempuan di Parlemen

share on:
Sipola Fakaanga Havili: RNZI / Sally Rounds
Sipola Fakaanga Havili: RNZI / Sally Rounds

Jayapura, Jubi – Polling tertinggi Kandidat Perempuan dalam pemilu terakhir Tonga mengatakan hanya sedikit dukungan bagi perempuan yang mencoba masuk ke parlemen di sana.

Anggota Parlemen Tonga saat ini semuanya laki-laki setelah Pemilu 2014 lalu, meskipun ada 16 kandidat perempuan yang ikut bersaing dalam memperebutkan kursi di rumah wakil rakyat itu. Seluruhnya beranggotakan 26 orang.

Sipola Fakaanga Havili mengatakan dia satu-satunya perempuan yang maju mewakili Partai Demokrat pada tahun 2014 dan dia tertarik untuk mencalonkan diri lagi pada pemilu tahun 2018.

Tetapi, Havili mengatakan perlu lebih banyak lagi dukungan lintas partai untuk calon anggota parlemen perempuan.

“Saya merasa bahwa harus ada lebih banyak dukungan dan tindak lanjut lebih dari diriku, lebih banyak dukungan oleh anggota parlemen perempuan lain, lebih banyak dukungan dari pemangku kepentingan lainnya di negeri ini,” katanya seperti dikutip dari Radio New Zealand, Jumat (1/7/2016).

“Jika mereka berpikir bahwa isu-isu perempuan adalah isu penting, meskipun beda keyakinan politik, kita harus bekerja sama karena kita agen perubahan untuk Tonga.” (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Politis Tonga Desak Dukungan Publik Bagi Perempuan di Parlemen