Masyarakat Keluhkan Jalan ke Pasar Youtefa

share on:
Suasana pasar tradisional Youtefa – Jubi/Roy Ratumakin.
Suasana pasar tradisional Youtefa – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Warga mengeluhkan jalan ke pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura yang berlubang. Kerusakan jalan tersebut menyebabkan pengunjung tidak nyaman ketika berbelanja di pasar itu.

“Jalan hanya di depan sana yang bagus. Ke dalam ini penuh dengan lubang,” kata seorang warga, Matias Yuwukha ketika ditemui Jubi Minggu (3/7/2016).

Ia menyebutkan beberapa ruas jalan yang rusak parah, seperti sepanjang pasar lama dan pinggiran kali Acai ke pasar Youtefa.

Ketika hujan pun jalan-jalan digenangi air hingga menyebabkan banjir dan menyisakan lumpur sepanjang jalan.

Menurutnya fakta di lapangan berbanding terbalik dengan pemberitaan tentang ibu kota Provinsi Papua ini di berbagai media lokal yang hanya memberitakan tentang yang baik-baik.

“Baca koran dengan radio bagus tetapi jalan-jalan ini rusak. Rupanya bagus di jalan utama sana saja supaya pejabat Jakarta datang lihat kalau ada pembangunan ada,” katanya.

Warga lainnya, yang juga aktivis HAM Papua, Peneas Lokbere mengatakan Pemerintah mempunyai kewajiban untuk memenuhi hak-hak warga negara akan pembangunan. Sebab konvenan hak ekonomi sosial budaya menjaminnya.

“Hak menikmati akses jalan yang baik itu hak ekonomi sosial budaya (ekosob) warga negara. Pemerintah harus melaksanakan kewajibanya memenuhi dan melindungi masyarakat,” kata Peneas.

Kata dia, pemerintah tidak punya pilihan lain selain memenuhi kebutuhan warga negaranya. Tugas pemerintah melaksanakan perintah undang-undang dan memanfaatkan anggaran dengan baik supaya hak masyarakat tersedia. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Keluhkan Jalan ke Pasar Youtefa