Warga Diminta Jaga Kamtibmas Selama Idul Fitri

share on:
Bupati Jayapura Matius Awoitau - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura Matius Awoitau – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Matius Awoitau meminta kepada warga Kabupaten Jayapura agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tempat tinggal masing-masing, apalagi selama perayaan Idul Fitri.

“Setiap kunjungan ke distrik dan kampung di daerah ini sudah kami sampaikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi dan kondisi kantibmas di wilayah masing-masing agar senantiasa aman dan damai,” katanya di Sentani, Sabtu (2/7/2016).

Menurutnya warga harus menghormati perayaan Idul Fitri yang dirayakan umat muslim. Begitu pula dengan hari raya umat beragama lainnya, seperti natal dan paskah untuk umat Kristiani.

“Hal ini tidak hanya berlaku bagi masyarakat Kabupaten Jayapura, tetapi siapa saja yang datang ke daerah ini wajib hukumnya untuk mengikuti aturan yang telah kita tetapkan—menjaga kerukunan hidup antara satu suku dengan suku lain, satu agama dangan agama yang lain, sehingga tercipta kedamaian yang kita inginkan bersama,” katanya.

Menurutnya perayaan keagamaan harus dirayakan dengan sukacita dan damai.

“Kini saatnya kita sama-sama menjaga situasi daerah ini agar senantiasa aman. Kita ciptakan suasan sukacita diantara sesama masyarakat,” katanya.

Hal senada dikatakan salah satu tokoh adat Kabupaten Jayapura, Enos Deda. Enos mengatakan warga hendaknya tak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab, apalagi sampai memecah-belah persatuan dan kesatuan.

“Kalau mau aman harus jaga kantibmas di tempat masing-masing, mau damai harus saling menghormati satu dengan lainnya,” katanya.

Menurut dia sebagai masyarakat juga harus menaati dan mengharagai  aturan yang telah dicanangkan Pemkab Jayapura dalam zona integritas kerukunan hidup beragama. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Diminta Jaga Kamtibmas Selama Idul Fitri