Komisi II DPRP Desak Pembangunan Pabrik Betatas

share on:
Panen betatas di Wamena - Jubi/Victor Mambor
Panen betatas di Wamena – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Komisi II DPR Papua bidang ekonomi kerakyatan mendesak Pemerintah Provinsi Papua segera mewujudkan pembangunan pabrik betatas di Arso III, Kabupaten Keerom.

Anggota Komisi II DPR Papua, Nikius Bugiangge mengatakan, keberadaan pabrik betatas bisa jadi alternatif masyarakat memasarkan hasil pertanian mereka. Selama ini warga sekitar terkendala transportasi dan sarana pendukung lainnya ketika akan memasarkan hasil panennya ke kota.

“Masyarakat antusias menunggu dibangunnya pabrik pengolahan batatas di Kabupaten Keerom. Selama ini masyarakat merasa kesulitan memasarkan betatas hasil panennya,” kata Nikius kepada Jubi, Senin (4/7/2016).

Menurutnya, dengan adanya pabrik bebatas, masyarakat Kabupaten Keerim bisa menjual hasil panen mereka ke pabrik itu untuk diolah menjadi berbagai bahan pangan.

“Kalau sudah ada pabrik, bisa menampung hasil panen masyarakat. Masyarakat bisa terbantu. Jika memungkinan Pemprov Papua segara membangun pabrik betatas di Kabupaten Keerom,” ucapnya.

Anggota Komisi II DPR Papua lainnya, Mustakim mengatakan, pihaknya sudah melihat langsung lahan seluas 15 hektar di Arso III, Kabupaten Keerom yang dijadikan lokasi pembangunan pabrik. Lahan itu merupakan asset Pemerintah Provinsi Papua.

“Lahan itu belum difungsikan. Banyak ditumbuhi rumput liar dan dijadikan warga sebagai lokasi menggembala sapi. Kalau bisa segera direncanakan pembangunan pabrik penglolaan betatas itu,” kata Mustakim.

Mesin pengolaan betatas sendiri sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Mesin itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Kini tinggal pembangunan infrastruktur pendukung.

“Tinggal membangun pabrik dan memasang instalasi listrik, air sertam membuat pembuangan limbah dan lainnya. Kami ingin hal itu segera terwujud,” ucapnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi II DPRP Desak Pembangunan Pabrik Betatas