Kandidat Nauru Gunakan Facebook untuk Kampanye

share on:
Ruang Parlemen, Nauru - Disediakan
Ruang Parlemen, Nauru – Disediakan

Jayapura, Jubi – Salah satu dari empat calon anggota parlemen perempuan dalam pemilihan umum Nauru mengatakan ia menggunakan Facebook sebagai media untuk mempublikasikan kampanyenya meskipun situs media sosial yang populer itu dilarang di negaranya.

Empat perempuan itu hanya sebagian kecil dari 67 calon anggota parlemen yang sedang bertarung dalam pemilu Nauru di delapan wilayah pemilihan multi-anggota untuk memperebutkan 19 kursi di parlemen.

Seorang mantan wakil panitera parlemen, Gabrissa Hartman, mengatakan banyak orang Nauru yang masih bisa mengakses Facebook meskipun sudah ada larangan dari pemerintah.

“Sekarang masih banyak orang yang mengakses Facebook di pulau dan saya banyak menggunakannya untuk menyampaikan misi saya dan mensosialisasikan slogan dan poster di Facebook,” kata Hartman seperti dikutip dari Radio New Zealand, Minggu (10/7/2016).

Hartman, yang berusia 41, mengatakan dia menjalankan platform termasuk kebijakan pemerintahan yang baik, kesetaraan gender dan peningkatan perumahan yang laik untuk masyarakat. “Selain Facebook, disana tidak banyak yang dipakai dalam hal media. Saya tidak menggunakan TV dan radio,” katanya.

Sementara itu, anggota parlemen dari pihak oposisi pernah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka telah diblokir dari penggunaan facebook untuk mensosialisasikan iklan kampanye di Media Nauru.

Namun Pemerintah Nauru, yang melarang facebook tahun lalu, mengatakan stasiun TV dan radio di Nauru punya kebijakan sendiri untuk lebih lama tidak menjalankan iklan kampanye. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kandidat Nauru Gunakan Facebook untuk Kampanye