Partisipasi Perempuan Dalam Politik Tonga Meningkat

share on:
Bendera Bangsa Tonga (IST)
Bendera Bangsa Tonga (IST)

Jayapura, Jubi – Kepala Eksekutif Negeri Tonga, Ana Bing-Fonua, mengatakan kesuksesan pemilihan umum (pemilu) badan pemerintah ditingkat kota menjadi pertanda baik bagi perempuan untuk Pemilu Nasional pada 2018.

Saat ini, tidak ada anggota parlemen perempuan di Tonga. Dan, kalaupun pernah, hanya ada lima orang, pada waktu lalu. Namun kini, terhitung pekan lalu, Sisifa Fili menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Petugas Distrik (Kecamatan) di negara itu. Ia bertugas mengawasi enam kampung di Distrik Eua.

Pelopor perempuan kedua yang sedang populer di Tonga saat ini adalah Vika Kaufusi. Ia juga terpilih untuk tingkat Kota di kota Haveluloto.

Ana Bing-Fonua mengatakan kampanye melalui lokakarya yang dilakukan baru-baru ini terbilang sukses dan praktik yang telah berlangsung, dengan terpilihnya dua perempuan itu, memberikan layanan yang sepadan.

Terdapat sebanyak 18 perempuan yang ikut tampil dalam ajang pemilihan baru-baru ini. Menurut Bing-Fonua dua dari 18 perempuan yang terpilih itu menunjukkan sebuah prestasi tersendiri.

“Salah satu tujuan kami bagi mereka adalah agar mereka benar-benar mampu mengatasi langkah terberat pertama yaitu mampua bertahan dalam kampanye. Jadi mulai dari sini dan seterusnya, itu akan membangun lebih banyak kepercayaan diri,” kata Ana Bing-Fonua mengutip laporan Radio New Zealand, Senin (11/7/2016).

“Meskipun beberapa dari mereka sudah dekat tapi tidak membawa mereka untuk dapat posisi, misalnya calon kami untuk Matamaka di Vava’u, dia kehilangan posisi hanya karena dua orang,” katanya.

Ana Bing-Fonua mengatan kunci untuk mengubah pola pikir tentang perempuan dalam politik adalah dengan melibatkan lebih banyak anak muda dalam proses-proses tersebut. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Partisipasi Perempuan Dalam Politik Tonga Meningkat