Pengamat Sayangkan Rendahnya Kandidat Perempuan di Nauru

share on:
Anote Tong - RNZI/Koro Vaka'uta
Anote Tong – RNZI/Koro Vaka’uta

Jayapura, Jubi – Misi Commonwealth Pemantau Pemilihan Umum Nauru menyatakan rendahnya jumlah kandidat perempuan yang ikut bertarung dalam pemilu, mengecewakan.

Laporan Radio New Zealand, Selasa (12/7/2016) mengatakan hanya satu kandidat perempuan yang berhasil terpilih menjadi anggota perlemen Nauru. Perempuan bernama Charmaine Scotty itu berhasil dari hanya empat perempuan lainnya yang bersaing memperebutkan 19 kursi di parlemen 19 negara tersebut.

Charmaine Scotty adalah satu-satunya perempuan terakhir di parlemen.

Ketua Misi Anote Tong mengatakan pemilu pada akhir pekan itu berlangsung damai dan pemilih dapat memberikan suara mereka secara bebas tanpa rasa takut atau intimidasi.

Anote Tong mendesak Komisi Pemilihan untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa diambil dan memberikan peluang untuk mendorong peningkatan keterwakilan perempuan di parlemen.

Kendati cuma satu wakil perempuan yang berhasil, Tong mengatakan kelompok misi yang dipimpinnya itu senang karena jumlah perempuan yang terlibat tercatat tinggi sebagai pejabat pemilu. Tong mengungkapkan dirinya optimis keterlibatan perempuan di masa yang akan lebih baik. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pengamat Sayangkan Rendahnya Kandidat Perempuan di Nauru