Dewan: Pembangunan Paralel Jembatan akan Dipercepat

share on:
Ilustrasi jembatan landak - kalbarprov.go.id
Ilustrasi jembatan landak – kalbarprov.go.id

Pontianak, Jubi – Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, mengatakan pihaknya akan mendorong percepatan pembangunan paralel Jembatan Landak untuk atasi  kemacetan di jembatan itu yang saat ini sudah masuk tahap perencanaan.

“Tahun ini mulai dianggarkan, Insya Allah tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya,” kata Satarudin di Pontianak, Minggu (17/7/2016).

Ia menjelaskan, pihaknya siap membantu pemerintah, dengan cara mendorong penganggaran dalam APBD Pemkot Pontianak.

“Kalau memang memungkinkan, secepatnya pembangunan Jembatan Landak bisa dilakukan, begitu juga pembangunan paralel Jembatan Kapuas I,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Pontianak menambahkan, dalam mengatasi kemacetan di jalan-jalan protokol Pontianak, pihaknya mendukung upaya penertiban yang dilakukan Pemkot.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menyatakan, pihaknya akan menerapkan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan-kendaraan besar untuk menekan tingkat kemacetan di kota itu.

Dia menjelaskan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan besar tersebut adalah solusi mengatasi kemacetan jangka pendek di jalan-jalan protokol di Kota Pontianak.

Kemacetan saat ini sering terjadi di Kota Pontianak terutama pada Jembatan Kapuas I dan Jembatan Landak yang kapasitas jalannya kecil namun jumlah kendaraan sangat banyak.

“Kemacetan pada titik-titik tertentu juga sangat dipengaruhi oleh terbaginya Kota Pontianak oleh sungai, sehingga menyebabkan terputusnya sirkulasi pergerakan masyarakat, itulah yang mendesak untuk dibangunnya Jembatan Kapuas III,” ujarnya.

Pembangunan Jembatan Kapuas III akan menambah jalan penghubung, sehingga konsentrasi kendaraan akan terpecah, tidak menyatu pada satu jalur seperti sekarang di Jalan Paralel Jembatan Kapuas I hingga Jembatan Landak, kata Edi.

“Untuk jangka panjang, mudah-mudahan tahun 2017, Jembatan Kapuas III akan segera dibangun, karena dananya menggunakan APBN pusat, yang tahun ini baru masuk perencanaan,” kata dia.(*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dewan: Pembangunan Paralel Jembatan akan Dipercepat