Hadapi MEA, Disnakertrans Buleleng Latih Perangkat Desa

share on:
Ilustrasi perangkat desa di Pemalang ikuti pelatihan computer - rtikpemalang.or.id
Ilustrasi perangkat desa di Pemalang ikuti pelatihan computer – rtikpemalang.or.id

Singaraja, Jubi – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Buleleng, Bali, melatih kalangan perangkat desa di daerah itu untuk menguasai ilmu teknologi (IT) hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Pelatihan bertujuan meningkatkan kompetensi perangkat desa mengoperasikan komputer dan perangkat teknologi lainnya,” kata Kadisnakertrans Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Koriawan, Minggu (17/7/2016).

Dia mengatakan, perangkat desa Buleleng mesti mampu bersaing mengahadapi MEA secara global, terutama dalam bidang persaingan kerja dengan berbagai pihak yang ada di daerah itu.

Pemerintah dari tingkatan paling kecil harus mampu menunjukkan kemampuan, terutama perangkat desa yang menjadi pelayanan masyarakat di tingkat bawah.

“Untuk itu kami meningkatkan kompetensi yang dimiliki para perangkat Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan oleh tim khusus bekerja sama dengan pihak luar. Mereka memberikan pelatihan secara bertahap dalam tiga gelombang selama 30 hari,” ujarnya.

Dwi Priyanti juga memaparkan, gelombang pertama pelatihan diuji oleh tiga penilai dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Tuk Media Bali, sebagai Lembaga sertifikasi profesi komputer.

Sementara itu, Ketua TUK Media Bali, Made Ras Amanda mengatakan, langkah yang diambil Disnakertrans Buleleng memang sangat tepat karena pelayanan yang diberikan perangkat desa kepada masyarakat memang harus ditingkatkan melalui kompetensi di bidang IT.

“Seluruh sumber daya manusia (SDM) desa harus mempunyai kemampuan, dan sertifikasi yang berlaku secara nasional. Dari hasil uji, rata-rata mendapatkan nilai delapan dan cukup berkompeten mengoperasikan komputer meskipun mereka rata-rata berumur diatas 40 tahun,” katanya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hadapi MEA, Disnakertrans Buleleng Latih Perangkat Desa