Kendari Jadi Contoh Pengelolaan Sampah

share on:
Pengolahan gas metan dari sampah di Kendari, ilustrasi - mataelang.net
Pengolahan gas metan dari sampah di Kendari, ilustrasi – mataelang.net

Kendari, Jubi – Tempat pemrosesan akhir Puuwatu Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini menjadi daerah percontohan pengelolaan sampah terbaik di Indonesia.

Kepala Dinas Kebersihan Kendari, Tin Farida, di Kendari, Sabtu (16/7/2016), mengatakan sejak dijadikan daerah percontohan, tempat itu ramai dikunjungi berbagai daerah yang hendak studi banding.

“TPA Puuwatu saat ini merupakan TPA dengan pengelolaan sampah terbaik, sebab menghasilkan pemanfaatan gas metan untuk sumber energi listrik,” katanya.

Dikatakan, gas metan yang dihasilkan di TPA Puuwatu dapat dijadikan bahan bakar bagi unit-unit genset sehingga dapat menghasilkan listrik yang digunakan oleh masyarakat yang tinggal di kampung mandiri energi.

Sebagai TPA sampah percontohan, kata dia, maka pihaknya terus melakukan penataan, seperti pada indikator sistem pembuangan sampah dengan cara sarilensi.

“Termasuk melakukan penataan pengelolaan sampah, pengelolaan gas metan, ditambah lagi dengan jembatan timbang serta penghijauan, sehingga dapat menciptakan TPA hijau dan bebas bau busuk,” katanya.

Dia menjelaskan, predikat sebagai TPA sampah percontohan menjadikannya salah satu andalan bagi daerah tersebut dalam mempertahankan penghargaan Adipura selama lima tahun berturut-turut, termasuk dua kali mendapat penghargaan Adipura Kencana.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kendari Jadi Contoh Pengelolaan Sampah