KNPI Kota Jayapura: Kami Mengutuk Keras Sikap Rasisme Ormas di Yogya

share on:
Polisi mengepung asrama mahasiswa Papua di Yogyakarta - IST
Polisi mengepung asrama mahasiswa Papua di Yogyakarta – IST

Jayapura, Jubi – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Jayapura bersama komponen organisasi kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan di Papua mengutuk keras sikap rasisme kelompok warga dan Ormas di Yogyakarta yang diback-up aparat keamanan (TNI-Polri) yang ditunjukan kepada para mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di daerah tersebut.

“Sikap yang mereka lakukan ini dengan sengaja telah menginjak-injak dasar Negara Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945 serta semboyang Negara Indonesia, yakni Bhineka Tunggal Ika,” kata Caretaker Ketua KNPI Kota Jayapura, Benyamin Gurik kepada wartawan di Abepura, Rabu (20/07/2016).

Dikatakan, selain itu, sikap yang dilakukan tersebut juga telah merusak nama baik kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya, kota pendidikan dan kota yang satu-satunya kota ramah serta bertoleran terhadap masyarakat lain.

Lanjutnya, pihaknya meminta kepada Pemeirntah Provinsi Papua agar segera membentuk tim resmi yang langsung dipimpin oleh Gubernur Papua atau ketua DPR Papua untuk turun langsung ke Yogyakarta guna bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono X guna membicarakan dan mencari solusi atas situasi ini.

“Kami percaya bapak Sultan Hamengku Buwono X sebagai pemimpin tertinggi akan mengambil sikap tegas terhadap oknum-oknum warganya yang tergabung dalam Ormas kemarin. Supaya kota Yogya tetap aman sebgaai kota budaya dan kota pendidikan,” bebernya.

Ketua BEM Uncen, Doni Donatus Gobai mengatakan, warga Papua yang telah hidup lama di Yogyakarta adalah warga yang telah hidup secara rukun bersama warga di Yogya. Sehingga, masalah ini tidak perlu meluas dan berdampak buruk terhadap lerukunan dan toleransi yang telah terbangun baik selama ini.

“Kami minta agar Pemerintah Provinsi Papua dan Pemreintah Yogyakarta segera menyikapi masalah ini secara tepat, cepat dan tuntas,” ujar Gobai.

Pihaknya meminta kepada Presiden Republik Indonesia , Joko Widodo dna Kapolri Tito Karnavian segara melakukan evaluasi terhadap kinerja aparat keamanan di setiap daerah. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KNPI Kota Jayapura: Kami Mengutuk Keras Sikap Rasisme Ormas di Yogya