Kominfo Baubau Minta SKPD Sumbang Buku Perpustakaan

share on:
Perpustakaan Kelurahan Sindangsari Sukabumi, Jawa Barat - sindangsari.sukabumikota.go.id
Perpustakaan Kelurahan Sindangsari Sukabumi, Jawa Barat – sindangsari.sukabumikota.go.id

Baubau, Jubi – Badan Komunikasi Informasi (Kominfo) Perpustakaan Arsip dan Pengolahan Data Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, meminta pihak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat bisa menyumbangkan buku untuk perpustakaan.

Upaya tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan pengadaan buku di perpustakaan yang ada di kelurahan, kata Kepala Badan Kominfo Perpustakaan Arsip dan Pengolahan Data Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi, di Baubau, Jumat (22/7/2016).

Idrus menambahkan bahwa pihaknya akan meminta petunjuk dan rekomendasi pimpinan daerah agar setiap pejabat dan staf Badan Kominfo yang melakukan perjalanan dinas keluar daerah dapat membawa pulang minimal satu buah buku untuk disumbangkan kepada perpustakaan itu.

“Kami gagas di Badan Kominfo dan Perpustakaan sebagai ‘leading sector’-nya agar nantinya bisa berdampak pada SKPD lain. Siapa saja SKPD yang melakukan perjalanan dinas bisa membawa ‘oleh-oleh’ satu buah buku untuk perpustakan kelurahan,” kata Idrus.

Meskipun perpustakaan belum terbentuk di semua kelurahan, pihaknya berharap agar setiap pemerintah kelurahan membuka ruang untuk tumbuhkan minat baca sehingga pengunjung yang antre berurusan di kelurahan, bisa menunggu sambil membaca buku.

“Ini menjadi tantangan dan ‘pekerjaan rumah’ bagi kami untuk bisa melaksanakannya. Kalau pemerintah kelurahan bisa menyediakan ruangan baca, kami berupaya membantu pengadaan buku,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kecamatan Sorawolio telah menyiapkan lokasi lahan perpustakaan.

Menurut Idrus, pihaknya terus berupaya agar perpustakaan di kelurahan di daerah itu bisa menyediakan buku yang memadai, sehingga akan menjadi sarana ketersediaan informasi dan jendela ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

“Di samping mengadakan buku dalam jumlah terbatas, kami juga berupaya mengajukan pengadaan buku kepada perpustakaan nasional sehingga ke depan ragam jenis buku bisa memenuhi untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya di sela-sela kegiatan peninjauan Perpustakaan Pulau Wisata Sukanayo oleh tim juri nasional.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kominfo Baubau Minta SKPD Sumbang Buku Perpustakaan