Pembangunan Kereta Api Papua Masuk “Review Masterplan”

share on:
Jalur kereta api yang direncanakan di Papua - IST
Jalur kereta api yang direncanakan di Papua – IST

Jayapura, Jubi – Dinas Perhubungan Provinsi Papua menyatakan pembangunan dan persiapan pengoperasian kereta api di Bumi Cenderawasih itu tengah memasuki tahapan “review masterplan”.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Djuli Mambaya, di Jayapura, Jumat (22/7/2016), mengatakan dulunya jalur kereta api di Kota Jayapura menuju Kabupaten Merauke melewati gunung, ternyata tidak bisa.

“Jadi yang selama ini dibuat itu melewati wilayah pegunungan tidak bisa karena seperti dijelaskan Kementerian Perhubungan, biayanya sangat mahal, dan ini kegiatan kami baru sebatas studi kelayakan,” katanya.

Menurut Djuli, Badan Percepatan sudah melakukan studi dan Detail Engineering Design (DED) di mana tahun ini sudah ada kontrak untuk rute dari Bandara Sentani menuju Stadion Mandala, Jayapura.

“Jadi ada tiga rute yang kami pilah, pertama rute dari Bandar Udara Sentani-Mandala untuk PON 2020, sebab pada pelaksanaan even nasional tersebut rute ini akan sangat padat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rute berikutnya dari Kota/Kabupaten Jayapura menuju Kabupaten Sarmi, dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, dan sudah dilakukan pemaparan dengan dihadiri Dirjen Perkeretapian.

“Sedangkan untuk rute Sentani menuju Depapre yang sama-sama berada di Kabupaten Jayapura akan menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan,” katanya lagi.

Dia menambahkan, selama ini tidak koordinasi, tetapi disarankan agar ada komunikasi sehingga terorganisasi, sehingga proses administrasi, studi dan lainnya dilakukan oleh satu tim yang saling berkolaborasi.(*)

 

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembangunan Kereta Api Papua Masuk “Review Masterplan”