Pemprov Jabar Berminat Kembangkan Padi Ratun

share on:
Ilustrasi budidaya padi Ratun - limapuluhkotakab.go.id
Ilustrasi budidaya padi Ratun – limapuluhkotakab.go.id

Bandung, Jubi – Pemprov Jawa Barat akan mengembangkan Padi Ratun, yang ditanam sekali namun masa panennya bisa dilakukan dua hingga tiga kali, demikian menurut Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jawa Barat, Denny Djuanda, di Bandung, Jumat (22/7/2016).

“Ada padi baru, yakni varietas Padi Ratun ini sedang kita kembangkan juga. Padi ini kayak tebu, sedang diteliti dan dikembangkan bekerjasama dengan perguruan tinggi,” kata dia.

Padi Ratun ini tumbuh dari batang sisa panen tanpa pemangkasan batang, tunas akan muncul pada buku paling atas.

Denny mengatakan sejumlah perguruan tinggi di Jawa Barat, seperti Universitas Padjadjaran dan Institut Pertanian Bogor, diminta oleh pihaknya untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap Padi Ratun yang dikembangkan oleh petani Sumatera Barat.

“Kenapa di Sumatera Barat karena petani di sana mempraktekkan budidaya Padi Ratun ini. Dan sebenarnya sejak tahun 2009 saya terpikir untuk mencari varietas padi ini dan ternyata ada yang mengembangkan,” kata Denny.

Menurut dia, selain meningkatkan indeks panen, Padi Ratun juga memiliki keunggulan lainnya seperti petani tidak perlu lagi melakukan pengolahan tanah, persemaian dan tanam, sehingga rentang waktu produksi lebih pendek, biaya produksi lebih rendah karena biaya pengolahan tanah lebih hemat.

“Pengembangan Padi Ratun ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali minat masyarakat untuk menjadi seorang petani. Karena sebelumnya Menteri Pertanian bilang ada 5 juta orang yang berhenti menjadi petani. Ini menandakan pertanian kurang diminati,” kata dia.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jawa Barat, lanjutnya, juga mendorong Badan Penelitian Pengembangan dan Penetapan Iptek, atau BP3IPTEK Jawa Barat, untuk lebih aktif melakukan penelitian dan pengembangan Padi Ratun agar bisa segera diimplementasikan di Provinsi Jawa Barat.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Jabar Berminat Kembangkan Padi Ratun