UNICEF: 1,6 Juta Anak Kekurangan Gizi di Nigeria Utara

share on:
Ilustrasi anak-anak di Afrika dalam kemiskinan - ceasefiremagazine.co.uk
Ilustrasi anak-anak di Afrika dalam kemiskinan – ceasefiremagazine.co.uk

Lagos, Jubi – Negara Bagian Kaduna, di Nigeria Utara, memiliki lebih dari 1,6 juta anak yang kekurangan gizi menurut Dana Anak PBB (UNICEF) pada Rabu (20/7).

Ahli Gizi UNICEF, Florence Oni, mengatakan anak-anak tersebut menderita satu jenis atau lebih bentuk-bentuk gizi buruk yang menjadi penyebab 50 persen kematian anak-anak berusia di bawah lima tahun di negara bagian itu.

Menurut dia, hal inilah yang menghambat perkembangan lebih dari 900.000 anak. Dan itu berarti enam dari setiap 10 anak yang berusia kurang dari lima tahun mengalami hambatan perkembangan akibat kekurangan gizi di negara bagian tersebut.

Menurut pejabat itu, pemerintah setempat bekerjasama dengan UNICEF, sudah meluncurkan Penanganan Masyarakat Kekurangan Gizi Akut (CMAM) pada Maret tahun ini, sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah itu.

Florence juga menyebutkan 507 anak yang berusia enam sampai 59 bulan dan menderita kekurangan gizi sangat akut sudah dimasukkan ke dalam program CMAM antara Maret dan Mei.

Dia menambahkan, sejauh ini 138 anak telah dirawat dan diperkenankan pulang, sedangkan dua anak tidak hadir dan lima anak meninggal.

Sebanyak 60 pekerja kesehatan dan 160 relawan masyarakat telah dilatih dan memperoleh kapasitas serta kemampuan yang diperlukan bagi penanganan program itu, ujarnya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UNICEF: 1,6 Juta Anak Kekurangan Gizi di Nigeria Utara