Disorda dan Bappeda Papua Akan Bertemu Bappenas

share on:
Kepala Disorda Papua Yusuf Yambe Yabd - Jubi/Alexander Loen
Kepala Disorda Papua Yusuf Yambe Yabd – Jubi/Alexander Loen

Jakarta, Jubi – Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, pada Senin (25/7/2016) akan bertemu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional untuk mempresentasikan proposal pembiayaan PON 2020. 

“Bappenas memanggil KONI pusat dan pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Dinas Olahraga dan Pemuda serta Bappeda untuk mempresentasikan proposal pembiayaan PON,” kata Kepala Disorda Papua Yusuf Yambe Yabdi, di Jakarta, Minggu (25/7/2016).

Pada pertemuan itu, Bappenas akan menyimpulkan strategi pembiayaan PON 2020 dari total anggaran yang dibutuhkan Papua Rp10,8 triliun.

“Ini yang kami ingin sampaikan kepada Presiden lewat Bappenas. Kami harap kalau bisa 60 persen dari pemerintah pusat, sisanya dari pemerintah provinsi dan pihak ketiga (freeport dan perusahaan lainnya),” ujarnya.

Untuk kesiapan pemerintah provinsi, akan ada rapat yang dipimpin langsung sekretaris daerah dengan sumber sumber dana yang lain seperti perbankan dan perusahaan besar.

“Mudah-mudahan itu bisa segera terlaksana tahun ini sehingga bisa membiayai seluruh perencanaan yang sudah diselesaikan tahun ini juga,” kata Yusuf.

Sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan 20 perencanaan dari total 26. Dimana 20 sudah proses lelang dan tahun ini sudah kontrak, dapat prodak dan perencanaannya.

“Mengenai stadion, akan dilakukan lelang fisik pada Oktober 2016. Jadi akhir November atau pertengahan bisa dapat siapa kontraktor yang akan membangun stadion,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menginginkan pembahasan anggaran pembangunan fasilitas olahraga (Venue) PON 2020 Papua dibahas bersama semua pihak.

“Saya sudah perintahkan KONI, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk duduk bersama dengan stakeholder lainnya membahas anggaran pembangunan Venue,” kata Enembe. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disorda dan Bappeda Papua Akan Bertemu Bappenas