Pemkot Ambon Canangkan Monumen Adipura

share on:
Ambon mendapatkan Adipura 2015 - infopublik.id
Ambon mendapatkan Adipura 2015 – infopublik.id

Ambon, Jubi – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencanangkan pembangunan monumen Adipura untuk mengenang seluruh jasa warga kota yang telah mensukseskan program Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian).

Pencanangan ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan monumen Adipura di kawasan Hative Kecil, yang dilakukan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama Gubernur Maluku yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Flona Koedoboen, bersama muspida kota Ambon, Sabtu (23/7/2016).

Wali Kota Richard menyatakan, pembangunan monumen adipura merupakan wujud apresiasi kepada seluruh warga kota yang secara bersama menjaga kebersihan dan keindahan kota Ambon.

“Monumen ini dibangun bukan karena mendapat penghargaan lima tahun berturut-turut, tetapi sebagai bentuk semangat bagi pemerintah dan warga untuk menjadikan Ambon kota yang bersih,” katanya.

Menurut dia, selain membangun monumen juga dilakukan pencanangan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di seputar lokasi monumen sebagai upaya menjadikan Ambon yang hijau dan sejuk.

Pencanangan monumen Adipura dan RTH didukung Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Maluku, karena kawasan ini berada di sekitar Jembatan Merah Putih (JMP) yang merupakan ikon Kota Ambon.

“Kawasan RTH yang akan didesign Balai Jalan dan Jembatan diharapkan akan memperkaya keindahan kawasan tersebut sebagai segitiga emas Ambon di masa yang akan datang,” ujarnya.

Richard mengatakan, lima tahun kepemimpinan Wali kota dan Wali Kota Ambon berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat, yang dimulai dengan sertifikat Adipura dan dilanjutkan dengan piala.

“Penghargaan Adipura diberikan pemerintah kepada kabupaten dan kota di Indonesia sejak tahun 1986, tetapi sejak belasan tahun kita berhasil mengembalikan penghargaan tersebut, semuanya itu tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak terutama petugas kebersihan,” ujarnya.(*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Ambon Canangkan Monumen Adipura