Penyelesaian Ring Road Butuh Rp. 180 Miliar

share on:
Pembangunan Ring Road  - Jubi/Arjuna
Pembangunan Ring Road – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Penyelesaian pembangunan ring road atau jalan lingkar dari Pantai Hamadi ke Skyland, Kota Jayapura, Papua diperkirakan masih akan menghabiskan anggaran senilai kurang lebih Rp 180 miliar.

Ketua Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur, Boy Markus Dawir mengatakan, ring road itu menyisahkan kurang lebih sepanjang 300 meter yang belum terhubung. Namun itu merupakan ranah APBN. Pemprov Papua sudah melaksanakan kewajibannya menyelesaikan pekerjaan yang dibiayai APBD provinsi.

“Penyelesaian pembangunan ring road masih menunggu anggaran APBN. Masih butuh dana kurang lebih Rp 180 miliar. Kami harap itu dimasukkan dalam APBN perubahan tahun ini,” kata Boy, Senin (25/7/2016).

Menurutnya, jika hingga 2017 mendatang penuntasan pengerjaan ring road tak juga dianggarkan dalam APBN, tak menutup kemungkinan, penyelesaian pengerjaan akan diambil alih Pemprov Papua menggunakan dana APBD provinsi.

“Mau tak mau dari sisi pemerintah provinsi harus masuk menyelesaikan pembangunan ring road. Tahun ini ada anggaran dari Pemprov Papua kurang lebih Rp 114 miliar untuk ring road. Tapi masih menunggu APBN. Kalau APBN tak ada barulah mungkin Pemprov Papua bisa mengambil langkah,” ucapnya.

Sementara anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan, memang ada informasi yang menyebut pemerintah pusat akan memberikan dana tambahan infrastruktur untuk Papua senilai Rp 2,5 triliun tahun ini. Namun hingga kini fisiknya belum ada.

“Bahkan belum ada satu surat resmi atau sejenisnya dari kementerian terkait mengenai dana itu. Ini baru hanya dengar nominal saja. Secara fisik belum jelas,” kata Thomas.

Padahal kata dia, jika saja dana itu benar adanya dan bisa segera direalisasikan pemerintah pusat, bisa dipakai untuk menyelesaikan pengerjaan ring road di Kota Jayapura. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penyelesaian Ring Road Butuh Rp. 180 Miliar