Rumah Sakit Kepulauan Salomon Habis Terbakar

share on:
Pulau Gizo di Kepulauan Solomon - IST
Pulau Gizo di Kepulauan Solomon – IST

Jayapura, Jubi – Sebuah rumah sakit tua di Gizo, Kepulauan Solomon habis terbakar pada Jumat (22/7/2016). Petugas pemadam kebakaran tak mampu menyelamatkan bangunan tua bersejarah tersebut.

Sina Adrian yang bekerja untuk Solomon Islands Broadcasting Corporation, yang menyaksikan bangunan itu lenyap dalam api, mengatakan situasi itu menjadi satu keputusasaan di mana satu-satunya petugas pemadam kebakaran di Gizo tak bisa melakukan apa-apa untuk menyelamatkan bangunan atau peralatan apapun.

Ia mengatakan bangunan yang tak terselamatkan itu adalah farmasi baru rumah sakit, dapur, dan administrasi.

Ia menambahkan, api dengan cepat menghancurkan bangunan itu melalui struktur utama bangunan rumah sakit. Akibat kebakaran itu, pihak otoritas rumah sakit Gizo menderita kerugian hingga jutaan dolar.

“Api masih ada, saya pikir selama lima sampai enam menit ada ledakan yang berasal dari bangunan yang terbakar, sepertinya dari botol gas dan benda-benda lain sehingga masyarakat yang ketakutan menghindar jauh dari gedung yang terbakar,” kata Sina Adrian seperti dikutip dari Radio New Zealand, Sabtu (23/7/2016).

“Tidak ada yang bisa dilakukan (selamatkan) dengan bangunan ini tetapi hanya bisa melihatnya habis terbakar pada Jumat sore itu,” katanya.

Sementara itu, pihak polisi Gizo mengkonfirmasi bahwa mereka telah menahan seorang pria dalam kaitannya dengan kebakaran tersebut. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rumah Sakit Kepulauan Salomon Habis Terbakar