225 Personil Brimob Siap Amankan Pilkada Papua Barat

share on:
Ilustrasi anggota Brimob siaga-Jubi/Ist
Ilustrasi anggota Brimob siaga-Jubi/Ist

Sorong, Jubi – Brimob Detasemen B Pelopor Sorong siap mengamankan pemilihan kepala daerah di sejumlah lokasi di Papua Barat.

Komandan Detasemen B Pelopor Brimob Polda Papua Barat Sorong, Kompol Eko Sumaryanto mengatakan dua satuan setingkat kompi (SSK) anggota Brimob Detasemen B Pelopor Sorong akan disiagakan menjelang tahapan pilkada di Maybrat.

“Maybrat mendapat atensi khusus Polda untuk mengamankan pilkada mengingat kabupaten itu memiliki jangkauan wilayah luas dan rentan terhadap gesekan,” katanya kepada Jubi di Sorong, Senin (26/7/2016).

Pihaknya juga sudah memetakan wilayah yang akan melaksanakan pilkada seperti Tambrauw, Kabupaten/Kota Sorong dan Maybrat. Dengan demikian sebanyak 200 SSK disiapkan untuk pengamanan pilkada.

“Kita mendapatkan perintah dari Polda Papua Barat untuk mem-back up wilayah-wilayah di Sorong Raya,” katanya.

Di Kabupaten Raja Ampat, sebagai kabupaten kepuluan, membutuhkan kapal cepat untuk mengakut personil keamanan. Kapal penumpang Mariana Ekspres bahkan akan disiagakan di Waisai, ibu kota Raja Ampat.

“Untuk kami sendiri sebenarnya tidak ada masalah. Namun dikarenakan jadwal kepadatan penumpang dan terbatasnya kapal cepat ke Raja Ampat nanti jauh-jauh hari personil pasukan sudah akan ditempatkan di Polres,” katanya.

Sesuai perintah Makosad di Manokwari sekitar 2 SSK atau sekitar 225 personil pasukan telah disiapkan ke kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.  “Kalau ada perintah lebih lanjut akan disesuaikan,” ujarnya.

Pihaknya juga akan mendapat tambahan BKO personil dari Mabes Polri sebanyak 1 SSK.

“Bisa saja kita dikirim lebih dari 1SSK. Sedangkan untuk kesiapan personil yang ada saat ini, yang jelas kami akan terus melakukan latihan khusus, diantaranya mengasah kemampuan sniper, penjinak bom dan latihan huru-hara untuk menghadapi pilkada,” ujarnya.

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati mengaku siap mendukung pengamanan pilkada di kabupaten yang dipimpinnya.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa mengatakan sebanyak 2.000 personil dipersiapkan Polda Papua Barat guna mengamankan pilkada 2017.  (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  225 Personil Brimob Siap Amankan Pilkada Papua Barat