Dua Tenaga Kesehatan Bantu Persalinan di KA

share on:
Ilustrasi kereta Probowangi - IST
Ilustrasi kereta Probowangi – IST

Jember, Jubi – Seorang ibu melahirkan bayinya di dalam kereta api (KA) Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya.

“Bayi yang lahir di KA bernomor 220 itu anak ketiga dari pasangan suami-istri, Eko dan Dwi Agustina,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9, Krisbiyantoro, saat dihubungi di Jember, Selasa (26/7/2016).

Menurut dia, pasangan suami-istri itu berangkat bersama anggota keluarga lainnya naik KA Probowangi pada Senin (25/7) sore untuk liburan ke rumah keluarganya yang berada di Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

“Berdasarkan pengakuan keluarga, dokter memprediksi bayi itu akan lahir sekitar satu bulan lagi, sehingg Dwi bersama keluarganya bepergian lintas kabupaten untuk silaturahmi ke sanak-saudaranya di Jember,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pihak keluarga akhirnya menyadari kalau Dwi akan melahirkan bayi dan petugas PT KAI Daop 9 kemudian mencari informasi penumpang tenaga medis yang bisa membantu persalinan di kereta.

“Petugas mendapati dua praktisi kesehatan, Yulis Istina dan Dian Eka, dan proses persalinan tetap dilakukan di tempat duduk ibu hamil yang akan melahirkan tersebut yakni di kereta 3,” katanya.

Persalinan lalu berlangsung singkat dan setelah lahir, bayi beserta keluarganya berhenti dan turun di Stasiun dan dibawa ke puskesmas setempat.

Peristiwa langka itu sontak menarik perhatian para penumpang, namun bisa diantisipasi.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dua Tenaga Kesehatan Bantu Persalinan di KA