Pemkab Kubu Raya Sosialisikan Bahaya Kanker Serviks

share on:
Ilustrasi kanker serviks - IST
Ilustrasi kanker serviks – IST

Sungai Raya, Kalbar, Jubi – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melakukan sosialisasi bahaya penyakit kanker payudara dan kanker serviks pada perempuan di kabupaten itu.

“Saat ini, kedua penyakit itu menjadi pembunuh nomor dua paling mematikan. Makanya kita memberikan perhatian serius pada pencegahan dan penanganan penyakit ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani di Sungai Raya, Selasa (26/7/2016).

Terkait hal itu, pihaknya kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanganan terhadap penyakit kanker payudara dan serviks tersebut.

“Seperti yang diketahui, penyakit kanker sangat berpotensi menyerang wanita di usia subur. Namun untuk perkembangan dari data kita belum update. Tapi penyakit ini perlu diperhatikan, penyebabnya ada beberapa faktor di antaranya pola hidup,” tuturnya.

Kanker payudara dan kanker serviks, menjadi ancaman tersendiri. Pemerintah daerah melalui program kesehatan melakukan antisipasi melalui pemeriksaan di pelayanan kesehatan puskesmas secara gratis.

“Upaya deteksi dini juga kita lakukan, terutama bagi wanita di usia produktif. Kita berupaya agar masyarakat bisa mengantisipasi dengan pola hidup sehat serta melakukan pemeriksaan sejak dini,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, mengatakan, aspek kesehatan merupakan prioritas pemerintah daerah yang selalu diperhatikan pihaknya.

“Kanker ini merupakan penyumbang jumlah kematian kedua setelah penyakit jantung. Dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan, nara sumber akan memberikan cara antisipasinya,” tuturnya.

Masalah kesehatan, lanjutnya, tidak bisa dipandang sebelah mata. “Perlu upaya terus menerus, menyadarkan masyarakat, supaya bisa menjaga dirinya sendiri dan keluarganya dari munculnya penyakit,” kata Hermanus.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Kubu Raya Sosialisikan Bahaya Kanker Serviks