Wali Kota Surakarta Ancam Tutup Koperasi Mati Suri

share on:
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo - alchetron.com
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo – alchetron.com

Solo, Jubi – Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengancam akan menutup koperasi yang tidak sehat dengan tidak perpanjang izinnya guna mendorong perbaikan koperasi agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Ya, kalau koperasi itu tidak sehat atau mati suri, maka akan saya tutup. Izinnya tidak akan diperpanjang, dengan diterima penghargaan Satya Lencana Pembangunan beberapa hari lalu, akan semakin bekerja keras untuk mewujudkan program pemerintah,” kata Hadi Rudyatmo, di Solo, Selasa (26/7/2016).

Ia mengatakan koperasi di Solo tengah didata ulang, dari jumlah yang ada hanya beberapa puluh saja koperasi yang aktif.

Menurutnya, nanti akan dilakukan verifikasi lagi, mengingat banyak yang mendirikan koperasi hanya sebagai syarat untuk bisa mendapatkan bantuan.

Menurutnya, secara nasional jumlah koperasi mencapai 200 ribuan, dan koperasi yang aktif kurang lebih 150 ribu.

 

“Namun yang melakukan rapat anggota tahunan (RAT) hanya 50 persen, sedangkan sisanya hidup dari segi administrasinya saja tanpa kegiatan, RAT, maupun simpan pinjam tidak pernah berjalan,” ujarnya.

Dia menilai, rencana Menteri Koperasi membuka secara keseluruhan kondisi koperasi merupakan langkah berani.
“Ya, kalau di Solo sedang kami data ulang dan yang aktif hanya beberapa puluh saja. Yang dibutuhkan dalam koperasi itu bukan kuantitas tapi kualitas, dengan aktif melakukan kegiatan, RAT, dan kalau jumlah anggota berkembang itu namanya kualitas,” katanya pula.

Terkait keberadaan ‘bank plecit’ yang berkedok koperasi, katanya “itu harus dibubarkan, mengingat koperasi itu sudah bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan koperasi itu dasarnya kegiatan prorakyat.”

Menurut dia, ‘bank plecit’ ini akan membebani masyarakat, dan jika tertangkap harus dibubarkan dan diproses karena termasuk bank gelap.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wali Kota Surakarta Ancam Tutup Koperasi Mati Suri