Dijadikan Pilot Project KPK, Ketua DPRP: Ini Bukti Papua Bisa

share on:
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yunus Wonda - Jubi/Alex
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yunus Wonda – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Masuknya Papua sebagai salah satu dari enam propinsi di Indonesia yang dijadikan Pilot Project Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemberantasan korupsi selain Aceh, DIY, Riau, Sumut, Banten disikapi DPR Papua.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, ini adalah langkah positif yang patut diapresiasi. Papua membuktikan jika Papua juga bisa seperti propinsi lain di Indonesia.

“Kami di Papua juga harus membuktikan kepada propinsi-propinsi lain kalau kami juga bisa. Jika Papua dianggap sukses, itu bisa dijadikan contoh untuk propinsi lain,” kata Yunus Wonda, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya, selama ini Sumber Daya Manusia (SDM) Papua dianggap kalah dari propinsi lain. Namun dengan kesempatan tersebut, Papua bisa membuktikan kepada propinsi lain kalau propinsi paling Timur Indonesia itu layak diperhitungkan.

“Kami DPR Papua mendukung langkah KPK bersama Pemprov Papua menggelar rapat koordinasi dan supervisi serta sosialisasi pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi di Papua. Ini merupakan langkah positif. Lebih baik mencegah sejak dini,” ucapnya.

Katanya, sosialisasi itu sangat membantu Pemprov Papua dan kabupaten/kota untuk memahami bagaimana pengelolaan keuangan yang benar sesuai perintah undang-undang.

“Ini langkah positif yang harus didukung. Dengan begitu semua tingkatan pemerintah di Papua bisa paham penggunaan anggaran yang benar dan meminimalisir penggunaan anggaran di luar batas ketentuan,” katanya.

Selasa (26/7/2016), bertempat di Kantor Gubernur Papua, Pemprov Papua bersama KPK dan berbagai instansi terkait menggelar rapat koordinasi dan supervisi serta sosialisasi pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi di Papua.

Selain itu, pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama pemberantasan korupsi terintegrasi oleh Gubernur Papua, Wakapolda Papua, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua dan para bupati/wali kota se Papua. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dijadikan Pilot Project KPK, Ketua DPRP: Ini Bukti Papua Bisa